Kompas.com - 25/02/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Asupan vitamin memainkan peran penting bagi tubuh, termasuk vitamin C.

Tubuh memerlukan asupan vitamin C yang memadai per hari, karena vitamin C berperan sebagai antioksidan, mengatur enzim, penyerapan zat besi, dan banyak lagi.

"Vitamin C bertindak sebagai kofaktor --senyawa penting bagi aktivitas enzim-- untuk berbagai enzim biosintetik dan regulator," kata Anitra Carr.

Carr adalah Direktur Nutrisi di Medicine Research Group di University of Otago.

Lalu, menurut Alexander Michels, koordinator penelitian klinis di Linus Pauling Institute di Oregon State University, ada sekitar 15 enzim berbeda dalam tubuh yang bergantung pada vitamin C.

Baca juga: Suplemen dan Serum Vitamin C, Manakah yang Terbaik bagi Kulit?

"Vitamin C berpengaruh terhadap produksi neurotransmitter dan metabolisme lemak," kata Michels.

Selain itu, vitamin C juga merupakan antioksidan kuat yang melindungi biomolekul di tubuh semacam protein, DNA, dan RNA dengan melawan spesies oksidatif reaktif (ROS).

"Vitamin C memiliki beberapa fungsi penting di dalam tubuh," kata ahli gizi terdaftar Emily Achey.

"Juga, fungsi sistem kekebalan yang tepat, penyembuhan jaringan, pembentukan kolagen, pemeliharaan tulang dan tulang rawan, serta penyerapan zat besi yang optimal."

Manfaat vitamin C bagi tubuh

1. Bekerja untuk sistem kekebalan bawaan dan adaptif

Dengan merangsang produksi dan fungsi sel darah putih, suplemen vitamin C bisa menjaga sistem kekebalan bekerja dalam kondisi optimal.

Ahli gizi Joanna Foley, mengatakan, vitamin C mempromosikan pengembangan limfosit dan membantu sel-sel kekebalan seperti sel darah putih untuk menetralkan mikroba yang tidak diinginkan.

"Studi tentang mikronutrien yang larut dalam air ini menunjukkan, vitamin C bekerja dalam banyak cara dan terukur."

Demikian dikatakan Vice President of Scientific Affairs di Mind Body Green, Ashley Jordan Ferira.

Baca juga: Vitamin C Mampu Turunkan Risiko Kanker

"Mulai dari fungsi penghalang kulit (pertahanan pertama tubuh) dan fagositosis untuk menetralkan mikroba, pembersihan sel kekebalan yang kelelahan, dan regulasi gen."

2. Memperbaiki kesehatan kulit, tulang, dan sendi

Vitamin C membantu menjaga kulit tetap sehat dan kuat.

Vitamin C oral dan topikal (dalam bentuk serum) diketahui dapat mendukung kulit yang cerah dan sehat.

Studi observasional yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkap, asupan vitamin C lebih tinggi dikaitkan dengan tampilan kulit yang lebih baik dan kerutan lebih sedikit.

Vitamin C juga penting untuk menunjang produksi protein di dalam tubuh bernama kolagen.

"Kolagen adalah protein paling melimpah di tubuh manusia, jadi selain untuk kulit, persendian, dan tulang, kolagen juga bermanfaat untuk otot, tendon, tulang rawan, pembuluh darah, usus, dan sebagainya," sebut Ferira.

"Karena vitamin C diperlukan untuk sintesis kolagen normal dan perlindungan serta menjaga kolagen dari stres oksidatif, memenuhi asupan nutrisi ini setiap hari berdampak besar bagi seluruh bagian tubuh."

3. Melindungi sistem saraf

"Vitamin C ditemukan dalam kadar yang sangat tinggi di otak dan jaringan neuroendokrin, itu menunjukkan peran penting vitamin C dalam organ dan jaringan ini," kata Carr.

"Sains membuktikan, otak dan neuron di dalam otak memerlukan vitamin C dan sensitif terhadap kekurangan vitamin C," tambah Ferira.

Baca juga: Fungsi Suplemen Vitamin C dan D untuk Jaga Kekebalan Tubuh

"Peran vitamin C bagi otak jarang dibahas tetapi sangat penting. Nutrisi ini memungkinkan neuron dan selubung mielin pada saraf untuk terbentuk."

Lebih lanjut, Ferira mengatakan pembentukan pembuluh darah di otak juga memerlukan "bantuan" dari vitamin C.

"Jika ada organ yang benar-benar menginginkan antioksidan seperti vitamin C yang membantu memerangi radikal bebas, maka organ itu adalah otak."

"Vitamin C dapat mendukung suasana hati melalui sintesis neurotransmitter dan hormon neuropeptida," sebut Carr.

Baik neurotransmiter maupun neuropeptida berperan dalam proses penyampaian informasi.

4. Mendukung fungsi adrenal dan keseimbangan hormonal

Peran vitamin C dalam jalur neuroendokrin dimulai di otak, tetapi juga menjalar ke seluruh tubuh untuk membantu menyeimbangkan hormon.

Sebagai contoh, vitamin C memainkan peran penting dalam aksis hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA), atau respons melawan atau lari (fight or flight).

"Kelenjar adrenal menampung konsentrasi vitamin C terbesar di seluruh tubuh dan diperlukan untuk produksi kortisol yang tepat," jelas Achey.

Kelenjar adrenal terlibat dalam mengatur metabolisme dan tekanan darah yang sehat, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan banyak lagi.

Baca juga: Jangan Gabungkan Skincare Niacinamide dan Vitamin C, Ini Sebabnya

5. Meningkatkan penyerapan zat besi di usus

Vitamin C mendukung penyerapan zat besi di usus kecil.

"Zat besi adalah mineral utama yang kita butuhkan setiap hari untuk sintesis DNA, fungsi kekebalan, dan untuk memastikan kesehatan sel darah merah yang mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh," ujar Ferira.

Hampir setiap sel dalam tubuh memerlukan zat besi. Di situlah fungsi vitamin C, membantu memudahkan proses penyerapan zat besi di usus.

6. Menetralkan radikal bebas

Sebagai antioksidan yang larut dalam air, vitamin C membantu menetralkan radikal bebas dan memerangi spesies oksidatif reaktif (ROS) di dalam sel dan di luar sel di seluruh tubuh.

Selain berperan sebagai antioksidan, vitamin C juga mendorong regenerasi vitamin E yang larut dalam lemak.

Proses ini membuat vitamin C dan vitamin E "bekerja sama" untuk melindungi berbagai sel dan jaringan di seluruh tubuh, mulai dari kulit dan mata hingga hati dan otak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.