Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kenalkan Pentingnya Menjaga Kelestarian Lingkungan Pada Anak

Kompas.com - 25/02/2022, 13:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina & Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Masa kanak-kanak merupakan masa emas bagi manusia untuk menerima segala pengetahuan tentang dunia. Pada masa ini, apa yang diajarkan, diamati, dilihat, maupun didengar akan mengakar hingga orang tersebut tumbuh dewasa.

Pentingnya menjaga kelestarian alam merupakan salah satu pemahaman yang harus ditanamkan pada anak sejak usia dini. Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, dalam webinar “Berbagi Cerita: Menjaga Bumi, Melestarikan Alam” bersama Direktorat Sekolah Dasar menegaskan hal ini.

“Saya berharap kita dapat saling bertukar informasi dan pengalaman untuk memajukan dunia pendidikan, menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas, dan memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan,” ujarnya.

Siniar Dongeng Pilihan Orangtua di Spotify bertajuk "Padang Lamun untuk Si Duyung" membicarakan hal ini. Episode tersebut membahas perihal pentingnya menjaga media pengelolaan pantai seperti padang lamun agar keseimbangan ekosistem biota laut tetap terwujud.

Mengajarkan Anak Mengenai Lingkungan

Sejak dini, anak-anak sudah harus dikenalkan dengan pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Bukan hanya untuk menjaga estetika, dalam lingkup besar, kelestarian dan kebersihan lingkungan juga bertujuan untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global.

Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), suhu global rata-rata telah meningkat sekitar 1,4 derajat Fahrenheit (0,8 derajat Celsius) selama 100 tahun terakhir. Peningkatan suhu bumi ini tak terlepas dari makin cepatnya perubahan iklim karena kegiatan manusia yang kurang memperhatikan dampak jangka panjang.

Melihat pada kondisi emosional anak yang mungkin fluktuatif, pengenalan lingkungan juga bisa dilakukan dengan menyenangkan. Pertama, para orang tua dapat memulai dengan memberikan anak contoh nyata menjaga lingkungan dengan mendekatkan alam kepadanya, seperti mengajak mereka menanam pohon.

Baca juga: Kritik Sosial Dapat Dituangkan dalam Berbagai Medium, Tak Hanya Lewat Lirik Lagu

Dalam proses pengajaran tersebut, penting bagi kita untuk selalu memberikan alasan mengapa kebiasaan-kebiasaan baik harus dilakukan dan buruk tidak boleh dilakukan. Anak akan memahami bahwa ada sebab akibat yang alam harus tanggung akibat tindakannya. Hal ini dapat dilakukan seperti,

"Menanam pohon itu penting sekali, ya, ternyata. Pohon memberikan kita oksigen untuk bernapas, coba bayangkan kalau pohon semakin berkurang sementara manusia bertambah banyak? Nah, oksigen juga berguna untuk memfilter udara yang kotor. Kalau tidak ada pohon atau pohon berkurang, nanti semakin banyak polusi yang bisa membuat paru-paru kita tidak sehat."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.