Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 27/10/2022, 09:51 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami overthinking alias berpikir berlebihan, yang terkadang bisa mengganggu aktivitas dan mungkin pola tidur harian.

Menurut seorang psikoterapis dan pendiri Forward in Heels yang berbasis di New York City, Jenny Maenpaa, overthinking merupakan kecenderungan kecemasan yang kerap dimiliki oleh banyak orang.

"Ada banyak cara yang bisa membuat kita overthinking seperti mengulang masa lalu, merasa khawatir, dan terobsesi dengan apa yang mungkin terjadi di masa depan," kata dia.

"Ketika saya masih muda, overthinking bisa menurunkan kualitas hidup saya."

"Bahkan, penelitian telah menunjukkan, overthinking dapat menurunkan energi, membatasi kreativitas, dan menyebabkan masalah tidur," sambung dia.

Baca juga: Konten Kekerasan Seksual Bikin Overthinking, Apa yang Harus Dilakukan?

Untungnya, overthinking bisa diatasi dengan menerapkan beberapa strategi yang baik dan tentunya positif di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Nah, untuk itu, Maenpaa pun membagikan beberapa cara yang sering dia lakukan untuk menghentikan kebiasaan overthinking.

1. Mengubah perspektif yang lebih positif

Memiliki sudut pandang atau perspektif yang lebih positif ini sering kali dikacaukan dengan "toxic positivity", yang meminta orang untuk berpikir positif tidak peduli seberapa sulit situasinya.

Tapi, di sisi lain, hal ini memungkinkan kita untuk mengakui aspek negatif, kemudian meminta kita mengevaluasi apakah ada cara lain untuk memikirkan situasi tersebut.

Mungkin ada manfaat atau hal yang dapat kita ubah tentang hal itu.

Misalnya, kita terus-menerus mengeluh karena kita membenci tanggung jawab atau pekerjaan kita yang melelahkan secara emosional dan mental.

"Itu mungkin terasa baik untuk sesaat, tetapi tidak menyelesaikan apa pun. Dan kemungkinan besar kita akan terus memikirkan seberapa besar kita membenci pekerjaan kita," ungkap dia.

Maka, dia pun menyarankan kita agar dapat membuat perspektif lebih positif untuk mengubah sesuatu tentang situasi yang menantang tersebut.

"Pola pikir ini memberi kita kekuatan untuk mengubah situasi, sehingga kita dapat memulai dari yang kecil dengan memeriksa tugas penting apa yang perlu diselesaikan terlebih dahulu," kata Maenpaa.

Baca juga: 10 Cara Menghentikan Kebiasaan Overthinking

"Kuncinya adalah mengambil langkah mundur dan menangani hal-hal satu per satu," sambung dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com