Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2022, 17:51 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama masa pembatasan akibat pandemi Covid-19, salah satu hal yang paling dirindukan banyak orang adalah dipeluk oleh orang yang mereka cintai.

Hal ini menyebabkan peningkatan minat pada efek positif berpelukan bagi para partisipan dalam riset psikologi.

Dan, beberapa penelitian yang diterbitkan selama setahun terakhir juga menghasilkan wawasan baru tentang apa artinya pelukan dan manfaatnya bagi kita.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat sejumlah wawasan baru tentang manfaat penting dari berpelukan.

1. Mengurangi hormon stres

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Aljoscha Dreisoerner dari Goethe University di Frankfurt, Jerman, dan timnya berfokus pada efek positif berpelukan terhadap penurunan tingkat stres.

Baca juga: Alasan Para Atlet Olimpiade Dilarang Berpelukan di Atas Podium

Menariknya, para ilmuwan tidak hanya menyelidiki bagaimana dipeluk oleh orang lain dapat mengurangi stres, tetapi juga apakah memeluk diri sendiri juga memiliki efek positif yang sama.

Para ilmuwan melibatkan 159 responden menggunakan Trier Social Stress Test (TSST) atau metode induksi stres standar di mana orang-orang stres diuji dengan melakukan wawancara kerja palsu.

Partisipan juga memberikan sampel air liur, sehingga kortisol (hormon stres penting) mereka dapat diukur.

Masing-masing partisipan ditugaskan ke tiga kondisi berbeda. Kemudian, ada yang dipeluk selama 20 detik oleh asisten ilmuwan, ada yang memeluk diri sendiri selama 20 detik, dan ada yang tidak menerima pelukan.

Hasilnya menunjukkan dengan jelas, partisipan dalam kondisi berpelukan dan berpelukan sendiri menunjukkan kadar kortisol yang lebih rendah daripada mereka yang berada dalam kondisi kontrol atau tidak berpelukan.

Jadi, intinya, dipeluk oleh orang lain dan bahkan memeluk diri sendiri bisa mengurangi efek negatif dari stres.

Baca juga: Memahami Efek Berpelukan, Atasi Stres hingga Jaga Tekanan Darah

2. Membantu suasana hati menjadi lebih baik

Kebanyakan orang akan setuju bahwa berpelukan memiliki efek positif pada suasana hati karena kita merasa dicintai, apalagi jika kita dipeluk dengan sepenuh hati.

Tapi apa yang sebenarnya yang membuat pelukan bisa memengaruhi suasana hati kita?

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti, Anna L. Dueren di University of London, Inggris dan timnya berfokus pada pertanyaan tentang apa yang memengaruhi efek pelukan pada suasana hati.

Dalam studi tersebut, 45 wanita memeluk rekan peneliti selama satu detik, lima detik, atau 10 detik dan melaporkan bagaimana rasanya pelukan itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com