Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Platinum Jubilee, Foto Jadul Ratu Elizabeth Akan Ditampilkan ke Publik

Kompas.com - 01/03/2022, 14:59 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com - Menjelang perayaan Platinum Jubilee pada bulan Juni mendatang, Kerajaan Inggris mempersiapkan sejumlah agenda yang akan digelar dalam waktu dekat.

Salah satunya adalah pameran foto dan perhiasan koleksi Ratu Elizabeth pada potret saat pertama kali naik takhta akan ditampilkan ke publik.

Sebanyak 59 foto saat itu diabadikan oleh Dorothy Wilding sempat menjadi dasar citra Ratu di prangko dan di kedutaan besar Inggris di seluruh dunia hingga tahun 1971.

Baca juga: Ratu Elizabeth Positif Covid-19, Alami Gejala Ringan

Sebanyak 24 foto jadul di antaranya kemudian dipilih untuk dipamerkan di Istana Buckingham, musim panas tahun ini.

Potret pertama Ratu ElizabethTwitter RCT (Royal Collection Trust) Potret pertama Ratu Elizabeth

Dalam potret pertamanya, Ratu Elizabeth yang saat itu berusia 25 tahun mengenakan gaun off shoulder, anting mutiara dan kalung dari Afrika Selatan.

Dua aksesories tersebut merupakan hadiah ulang tahun ke-21 pemberian dari Pemerintah Persatuan Afrika Selatan pada tahun 1947.

Di pameran itu juga akan ditampilkan foto saat Ratu Elizabeth mengenakan tiara rancangan E. Wolff & Co for R&S yang merupakan tiara "The Girls of Great Britain of Ireland".

Seperti dilansir People, dalam sejarah Kerajaan Inggris, tiara bertakhta berlian tersebut memiliki makna mendalam.

Pertama kali dirancang sebagai hadiah pernikahan untuk Putri Victoria Mary of Teck, kemudian Ratu Mary, pada pernikahannya dengan calon Raja George V pada tahun 1893.

Ratu Mary memberikan tiara tersebut kepada cucunya, Ratu Elizabeth, sebagai hadiah pernikahannya dengan Pangeran Philip pada 20 November 1947.

Baca juga: Anjing Peliharaan Baru Ratu Elizabeth, Bukan dari Ras Corgi

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth yang kini berusia 95 tahun tersebut tengah menantikan perayaan Platinum Jubilee.

Acara ini menandai 70 tahun sejak Ratu pertama kali menjabat sebagai pemimpin kerajaan Inggris. Dalam memperingati perayaan yang belum terjadi sebelumnya itu, seluruh Inggris akan berpesta.

Sejumlah acara akan berlangsung di seluruh Inggris sepanjang tahun. Mulai dari Trooping the Color (perayaan tahunan untuk ulang tahun Ratu).

Lalu ada acara pencahayaan suar di seluruh Inggris, layanan Thanksgiving di St. Paul Cathedral hingga Derby in Episom, sebuah festival akbar yang mencakup konser dan festival seni lainnya.

Baca juga: Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II yang Jarang Diketahui Orang

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com