Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sang Tinder Swindler Digugat Miliarder Pemilik Nama yang Dicatutnya

Kompas.com - 02/03/2022, 06:00 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber Page Six

KOMPAS.com - Simon Leviev, alias sang Tinder Swindler, digugat oleh keluarga miliarder yang merupakan pemilik asli nama belakangnya.

Pria yang bernama asli Simon Hayut ini mengganti nama belakangnya sebagai modus penipuan banyak wanita di Tinder.

Ia mencatut nama Leviev, yang merupakan nama keluarga miliarder pengusaha berlian asal Israel, Lev Leviev.

Rupanya tindakan penipuan yang dilakukan Simon membuat keluarga crazy rich itu geram dan tak tinggal diam.

Baca juga: Mengenal Sosok Simon Leviev, Penipu Cinta di The Tinder Swindler

Dikutip dari Page Six, Lev Leviev dan keluarganya telah mengajukan gugatan ke pengadilan atas perbuatan tersebut.

Pria yang sepak terjangnya tayang di Netflix itu dituduh mencuri identitas dan memperkaya diri sendiri dengan nama keluarga tersebut.

“Untuk waktu yang lama, dia [Simon] telah membuat pernyataan palsu sebagai putra Lev Leviev dan menerima banyak keuntungan (termasuk keuntungan materi)," demikian kutipan dokumen hukum tersebut.

Dengan licik, Simon menggunakan janji palsu dan mengaku sebagai anggota keluarga Leviev serta mengklaim jika keluarganya akan menanggung semua kerugian yang disebabkannya.

“Dia bahkan menggunakan merek dagang LLD Diamonds untuk membuat para korbannya percaya bahwa dia memang bagian dari perusahaan berlian (setidaknya sebagai CEO, sesuai tanda tangannya) dan merupakan anggota Keluarga Leviev.”

Baca juga: Love Bombing, Taktik Melenakan Pasangan Seperti di The Tinder Swindler

Chagit Leviev, putri kandung Lev Leviev, mengatakan mendengar kabar soal penipu bernama Simon Leviev ini pertama kali pada 2017 lalu.

"Ada sembilan saudara kandung di keluarga saya, lima saudara laki-laki – dan tidak ada yang bernama Simon – dan empat anak perempuan,” tegasnya.

Chagit Leviev, putri kandung Lev Leviev mengajukan gugatan pada Simon Hayut yang mencatut nama keluarganyaRepro bidik layar via Page Six Chagit Leviev, putri kandung Lev Leviev mengajukan gugatan pada Simon Hayut yang mencatut nama keluarganya

Bukan hanya nama baiknya yang dicemarkan, sang Tinder Swindler juga mengeluarkan cek palsu dan berhutang sewa jet pribadi atas nama perusahaan keluarga tersebut.

"Tetapi itu bukan cek kami. Mereka mengirimi saya foto paspornya; itu Shimon Hayut," kata wanita yang juga CEO Leviev Group USA ini.

Chagit mengaku telah mengumpulkan bukti atas berbagai penipuan yang dilakukan Simon termasuk ketika menggunakan perusahaan sewaan, kapal pesiar, persewaan apartemen kelas atas, dll.

Berbagai tindakan tersebut juga membuat dirinya dan keluarganya menjadi korban karena menjadi sasaran ancaman, teror dan panggilan iseng tanpa henti.

Ia bersyukut penayangan Tinder Swindler di Netflix beberapa waktu telah secara efektif meyakinkan publik jika sosok penipu tersebut bukan anggota keluarganya.

Baca juga: 5 Pelajaran dari The Tinder Swindler agar Tak Terjebak Penipu Cinta

Meskipun tidak menyebutkan nilai gugatannya, pengusaha ini berjanji akan memberikan ganti ruginya kepada para wanita yang menjadi korban Simon Hayut.

"Kami merasa sangat kasihan pada mereka, orang ini palsu dan penipu."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Page Six
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com