Kompas.com - 02/03/2022, 06:30 WIB

KOMPAS.com- Warner Bros membatalkan perilisan film superhero terbarunya, The Batman di Rusia.

Tindakan ini dilakukan sebagai bentuk kecaman atas serangan militer negara tersebut terhadap Ukraina.

Bukan hanya The Batman saja, namun seluruh film yang diproduksi oleh studio ini tidak akan tayang di negara yang dipimpin Vladimir Putin itu.

"Mengingat krisis kemanusiaan di Ukraina, WarnerMedia menghentikan perilisan film 'The Batman' di Rusia," kata pernyataan publik yang beredar.

Baca juga: Robert Pattinson Berikan Petunjuk Akhir The Batman

“Kami akan terus memantau situasi saat ini berkembang. Kami berharap ada penyelesaian yang cepat dan damai atas tragedi ini.”

The Batman seharusnya dijadwalkan tayang perdana di Rusia pada esok hari waktu setempat, 3 Maret 2022.

Film yang dibintangi Robert Pattinson dan Zoe Kravitz itu tergolong amat dinantikan oleh para penggemarnya, termasuk di Rusia.

Robert Pattinson dan Zoe Kravitz berpose saat premier film The Batman di London 23 Februari 2022 Robert Pattinson dan Zoe Kravitz berpose saat premier film The Batman di London 23 Februari 2022
Selain itu, rilisan Warner Bros lainnya yang dijadwalkan di negara ini termasuk Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore pada 14 April mendatang.

Sebelumnya, langkah serupa juga diambil oleh studio besar lainnya yakni Disney dan Sony Pictures, yang bakal merilis Morbius.

“Kami akan membuat keputusan bisnis di masa depan berdasarkan situasi yang berkembang," kata perwakilan Disney.

Baca juga: Lego Tunjukkan Penampakan Replika Batmobile Batman Terbaru

Rusia sebenarnya termasuk salah satu pasar box office teratas di dunia dengan potensi keuntungan yang menggiurkan.

Terbukti, Spider-Man: No Way Home buatan Sony meraup lebih dari 44,5 juta dollar AS, setara Rp640 miliar, sejak ditayangkan di negara itu pada bulan Desember lalu.

Agaknya, kini sejumlah petinggi perfilman Hollywood lebih mengutamakan simpati kemanusiaan dibandingkan kesempatan meraup keuntungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.