Kompas.com - 02/03/2022, 09:47 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Semua orang tentu pernah melakukan kesalahan, termasuk kesalahan di dapur.

Ya, terlepas dari seberapa jagonya seseorang memasak di dapur, pasti dia pernah melakukan satu atau dua kesalahan kecil.

Nah, dalam serial “The Mistakes We Make,” koki dan food writer Mark Bittman menjelaskan apa saja kesalahan kecil yang umum dilakukan banyak orang saat memasak, seperti berikut ini.

Terlalu sering membalikkan daging

Bittman berpendapat bahwa jika kita menginginkan daging berwarna kecoklatan, biarkan daging tetap berada dalam wajan hingga “terlepas,” yang ditandai dengan terbentuknya crust pada daging.

“Saat daging siap dibalik, daging akan ‘memberi sinyal’” ujar Bittman sambil mendemonstrasikan teknik pemanggangan steak yang sempurna.

Menurut Bittman, tak sedikit orang yang sibuk membolak-balik daging terlalu sering. Padahal, daging akan berubah kecoklatan dengan sendirinya, dan terlepas dari permukaan wajan jika kita menunggu selama satu atau dua menit saja,

“Kita hanya perlu membalikkannya satu kali saja,” kata dia.

Bittman juga merkomendasikan agar kita melakukan pre-salt (menaburi garam) pada daging selama beberapa jam dan membungkusnya dalam sebuah handuk sebelum dimasak.

“Ini akan sedikit mengeringkan permukaan daging, membuatnya kecoklatan lebih baik,” ujarnya.

Halaman:
Sumber yahoo.com


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.