Kompas.com - 04/03/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Hati adalah salah satu organ penting yang memiliki banyak fungsi bagi tubuh, terutama dalam membantu melancarkan sistem pencernaan kita.

Karena tanggung jawabnya yang besar untuk penyerapan, pencernaan, metabolisme, dan detoksifikasi, maka hati harus berada dalam kondisi prima agar tubuh kita tetap sehat.

Adapun masalah medis yang paling umum terjadi pada hati kita yakni penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) yang biasanya disebabkan oleh diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol, dislipidemia, sindrom metabolik, serta obesitas.

Namun jangan khawatir, kita bisa mencegah atau menunda timbulnya NAFLD dan masalah hati lainnya dengan mendapatkan jumlah lemak sehat yang tepat dalam makanan.

Baca juga: Minum Banyak Kopi Pahit Ternyata Bantu Jaga Kesehatan Hati

Nah, berikut ini terdapat beberapa makanan terbaik yang dapat membantu kita mencapai asupan lemak ideal untuk kesehatan hati dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

1. Minyak zaitun

Sering dianggap sebagai ramuan rahasia dalam diet Mediterania yang terkenal, minyak zaitun (olive oil) adalah bahan dapur yang luar biasa untuk makanan.

Ketahuilah bahwa hanya satu sendok makan minyak zaitun mengandung 14 gram lemak total (sekitar 11 gram sebagai lemak tak jenuh tunggal).

Jadi, kita bisa menggunakan minyak ini untuk membuat makanan yang lebih sehat dan baik untuk hati.

2. Kacang-kacangan

Baik itu almond, kacang mete, hazelnut, kenari, atau pistachio, kacang-kacangan adalah sumber lemak tak jenuh yang besar (kebanyakan tak jenuh tunggal) dan mungkin menawarkan perlindungan terhadap penyakit hati.

Faktanya, sebuah studi di Korea tahun 2014 dari Journal of Gastroenterology and Hepatology menemukan bahwa asupan kacang dan biji-bijian yang rendah dikaitkan dengan risiko yang jauh lebih tinggi untuk mengembangkan NAFLD.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.