Kompas.com - 04/03/2022, 16:57 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Vitamin dan mineral disebut-sebut sebagai pelembab yang dapat membuat kulit kita lebih halus, kenyal dan bercahaya.

Adapun salah satu vitamin yang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan dan perawatan kulit kita yakni vitamin E.

Menurut dokter spesialis kulit, Amy Kassouf, MD, vitamin E berperan penting dalam merawat kulit kita dan dapat mengatasi kondisi seperti kekeringan, kerutan, serta kerusakan akibat sinar matahari.

Cara vitamin E merawat kesehatan kulit

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak yang bertindak sebagai antioksidan, sehingga dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan di seluruh tubuh.

Vitamin ini biasanya ditemukan di sebum (minyak kulit), yang menciptakan pelindung alami untuk menjaga kelembaban di kulit.

Jadi, permukaan kulit yang lebih berminyak, seperti wajah itu mengandung lebih banyak vitamin E dan karena orang dengan kulit berminyak memiliki lebih banyak sebum, mereka juga memiliki lebih banyak vitamin E pada kulit.

Sebum bersama dengan vitamin E, secara alami akan menurun seiring bertambahnya usia. Selain itu, vitamin E juga akan habis oleh paparan sinar ultraviolet (UV) seperti sinar matahari dan beberapa lampu neon, halogen, serta lampu pijar.

Baca juga: Cara Mudah Menjaga Kelembapan Kulit dengan Vitamin E

Manfaat vitamin E bagi kulit

Penelitian tentang bagaimana vitamin E bermanfaat bagi kulit memang sedang berlangsung.

Namun, Dr Kassouf mengatakan bahwa vitamin E tetap dapat membuat pelembab bekerja lebih baik.

"Efeknya cukup halus. Tapi vitamin ini tidak mengobati kondisi kulit tertentu, selain membantu mencegah penuaan kulit secara umum dan meningkatkan kelembaban kulit," terangnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.