Kompas.com - 05/03/2022, 09:54 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tak ada yang lebih manis dibanding melihat anjing bersantai sambil berjemur di bawah sinar matahari,

Namun, terkadang kita bertanya-tanya, mengapa anjing-anjimng menyukainya? Apakah ada manfaatnya? Atau justru berbahaya?

Untuk menjawabnya, simak paparan berikut ini.

Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin terpenting bagi kesehatan yang diproduksi oleh tubuh kita sebagai respons terhadap paparan sinar matahari yang moderat.

Selain itu, vitamin ini juga memiliki banyak manfaat, mulai dari memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengatur penyerapan kalsium dan fosfor oleh tubuh, serta meningkatkan kadar serotonin.

Untuk itu, manusia bukan satu-satunya makhluk hidup yang membutuhkan vitamin D. Jadi, tak mengherankan bila anjing berjemur, kan?

Bagi anjing, vitamin D berkontribusi pada kesehatan tulang, otot, sistem kekebalan, dan otaknya, sama seperti fungsi vitamin D untuk manusia.

Anjing juga dapat menyerap vitamin D melalui kulit dan saluran pencernaannya. Tubuhnya pun mampu memproduksi vitamin D, meski tidak dalam jumlah yang dibutuhkan. Karena itulah, sebagian besar makanan anjing komersial memiliki tambahan vitamin D di dalamnya.

Nah, ketika seekor anjing berjemur, sinar hangat matahari akan diserap oleh minyak di kulitnya dan diubah menjadi vitamin D.

Halaman:
Sumber Cuteness


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.