Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sah, Authentic Brands secara Penuh Akuisisi Reebok

Kompas.com - 05/03/2022, 12:31 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Authentic Brands Group (ABG) secara resmi telah menyelesaikan akuisisi Reebok dari adidas.

Authentic Brands harus membayar sebesar 2,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 35 triliun untuk mengakuisisi Reebok secara penuh.

Nilai akuisisi tersebut ditaksir menjadi yang terbesar sejak Authentic Brands didirikan oleh James Salter pada tahun 2010 lalu.

Ada pun, Reebok awalnya merupakan bisnis keluarga yang didirikan oleh Joseph dan Jeff Foster pada tahun 1985.

Produsen perlengkapan olahraga dan sepatu ini didirikan sebagai perpanjangan dari J.W Foster & Sons yang mempelopori track spike pertama.

Akan tetapi, Reebok akhirnya diakuisisi oleh adidas alias The Three Stripes sebagai anak perusahaannya pada tahun 2006 dengan nilai sebesar 3,8 miliar dolar AS atau setara Rp 54 triliun.

Hal itu dilakukan adidas untuk melawan dominasi Nike di Amerika Serikat menyusul produk-produk Reebok yang laku keras di pasaran pada tahun 80-an hingga awal 2000-an.

Baca juga: Resmi, Adidas Jual Reebok Seharga Rp 35 Triliun

Kini setelah diakuisisi Authentic Brands, Reebok akan bergabung dengan portofolio ekstensif perusahaan ini yang mencakup Sports Illustrated, Barneys New York, Nautica, dan banyak lagi.

“Tim Reebok telah melakukan pekerjaan luar biasa untuk memperkuat posisi Reebok di benak dan hati konsumen,” kata Pendiri, Chairman, dan CEO ABG, Jamie Salter, dalam siaran pers.

“Melalui model operasi ABG, Reebok akan memiliki kemampuan untuk berevolusi dan merangkul kreativitas, kualitas, dan inovasi ikoniknya."

"Sudah waktunya untuk membiarkan Reebok menjadi 'Reebok'," tambahnya.

Setelah diakuisisi, rencana selanjutnya dari Authentic Brands adalah membentuk Reebok Design Group (RDG).

RDG nantinya akan berada dalam kemitraan dengan SPARC Group yang dimiliki ABG.

RDG berfungsi sebagai pusat merek global Reebok untuk desain, pengembangan, dan inovasi bagi produk alas kaki dan pakaian di seluruh dunia.

Dengan akuisisi yang dilakukan Authentic Brands, Reebok akan memperluas jaringan mitra globalnya.

Brand ini juga akan mengumpulkan daftar pemain kunci baru yang akan membantu mendorong distribusi ke area utama di seluruh dunia, termasuk Foot Locker, JD Group, dan HSV Group.

“Produk selalu menjadi yang terdepan di Reebok, dan kami berkomitmen untuk menjunjung tinggi standar yang diharapkan oleh penggemar merek dan konsumen kami,” kata Presiden Reebok Matt O'Toole.

“Tahun 2021 adalah tahun awal bagi Reebok dan sebagian itu merupakan penghargaan atas fokus kami pada siluet ikonik yang mengabadikan merek tersebut."

Ia mengatakan, di bawah kepemilikan baru Reebok akan memiliki peluang untuk merebut kembali tempatnya di pasar dan membawa Reebok ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca juga: Alasan di Balik Rencana Adidas Melepas Reebok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com