Kompas.com - 05/03/2022, 20:11 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika bicara soal menjaga kesehatan mental, meditasi sering disebut-sebut sebagai salah satu metode untuk memeliharanya.

Meditasi sendiri mungkin masih terdengar “misterius” atau dianggap sekadar buang-buang waktu jika kita tidak memahami bagaimana cara kerjanya.

“Banyak orang memiliki gagasan bahwa meditasi hanya duduk dalam pose bersila di lantai kayu keras, menutup mata dan menjernihkan pikiran. Tapi sebenarnya bukan cuma itu,” ujar terapis yoga Sally Sherwin.

Lantas, apa maknanya?

Menurut Sherwin, meditasi adalah pengaturan fokus yang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Intinya, meditasi dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat seseorang tetap fokus pada keadaan saat ini, bukan masa lalu atau masa depan.

Sherwin juga berpendapat bahwa meditasi dapat membuat kita fokus tanpa perlu usaha keras.

“Beberapa orang mendeskripkan meditasi sebagai konsentrasi, tetapi kata 'konsentrasi' terdengar seperti usaha keras bagi saya, dan kita tidak membutuhkan lebih banyak usaha dalam hidup kita, itu sudah pasti,” ujarnya.

Baca juga: Bagaimana Memulai Meditasi pada Orang yang Sibuk

Jenis-jenis meditasi

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, meditasi ada dalam berbagai bentuk. Kita bisa melakukannya sambil duduk, berbaring, atau sembari melakukan aktivitas fisik seperti yoga, tai chi, bahkan jogging.

“Dalam tradisi yoga, meditasi biasanya berarti memusatkan perhatian pada satu titik kesadaran. Tetapi, sebenarnya ada meditasi lainnya,” ujar Sherwin.

Berikut beberapa tipenya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.