Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Ceramide dalam Skincare untuk Merawat Skin Barrier

Kompas.com - 05/03/2022, 20:26 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Skin barrier merupakan bagian terluar dari kulit yang memberikan perlindungan secara menyeluruh.

Oleh sebab itu, apabila skin barrier kita rusak, sistem perlindungan kulit pun secara otomatis tidak akan berfungsi dengan baik dan dapat menimbulkan sejumlah masalah pada kulit kita.

Aesthetic doctor, Dr Abelina, MM, MARS (MHA), pun mengatakan bahwa skin barrier yang rusak bisa ditandai dengan kulit yang dehidrasi atau kering.

"Tanda skin barrier kita rusak itu ketika kulit wajah mulai kering dan berjerawat, padahal sebenarnya kulit kering tidak bisa membuat wajah berjerawat," terangnya dalam virtual launch Trueve pada Jumat (4/3/2022).

"Selain itu, terjadi perubahan tipe kulit. Misalnya, dulu kita memiliki kulit yang lebih berminyak sekarang jadi kering. Lalu sudah pakai skincare tidak ada pengaruhnya," sambung dia.

Adapun menurut Dr Abel, skin barrier kita dapat rusak karena beberapa hal seperti sering berganti produk skincare, eksfoliasi dengan AHA dan BHA yang berlebihan, mencuci muka dengan air panas, serta jarang menggunakan sunscreen.

"Untuk bisa memperbaiki skin barrier, kita perlu mengubah rutinitas harian perawatan kulit wajah dengan lebih baik lagi dan tentunya memilih produk skincare yang tepat seperti memiliki kandungan ceramide," sarannya.

Ceramide sendiri merupakan lemak atau lipid yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah skin barrier kita menjadi rusak.

"Jadi, kita bisa memperbaiki skin barrier dengan menggunakan skincare yang mengandung ceramide dan hyaluronic acid untuk dapat menghidrasi lapisan kulit secara maksimal," kata Dr Abel.

Baca juga: Mengapa Kulit Kita Butuh Ceramide?

Skincare dengan ceramide

Trueve hadirkan skincare edisi spesial kolaborasi dengan Wonder Woman.Trueve Trueve hadirkan skincare edisi spesial kolaborasi dengan Wonder Woman.
Melihat masalah skin barrier yang cukup serius dan sering dialami oleh banyak orang, produk skincare lokal, Trueve, terinspirasi untuk menghadirkan produk skincare terbarunya sebagai solusi.

Melalui kolaborasi dengan Wonder Woman, Trueve telah menyiapkan empat varian serum dengan formula untuk berbagai permasalahan kulit wajah.

Varian serum ini juga mengandung bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mencegah permasalahan kulit karena rusaknya skin barrier seperti enam jenis ceramide, hyaluronic acid, vitamin C sebagai antioksidan, dan sebagainya.

"Semakin banyak kandungan ceramide di dalam skincare itu akan semakin membantu kita memperbaiki, serta mencegah rusaknya skin barrier," ungkap Dr Abel.

Di samping itu, koleksi spesial Wonder Woman ini juga didedikasikan bagi para wanita yang ingin menunjukkan the power of healthy skin dengan berbagai kondisi kulit yang berbeda-beda setiap orangnya.

"Dari kolaborasi ini kami berharap Trueve dapat dikenal masyarakat sebagai skincare lokal yang bukan hanya sekadar produk skincare namun dapat menjadi inspirasi banyak orang," ujar Co Founder Trueve, Carla Setiawan.

"Untuk itu, Trueve ingin membantu dan menginspirasi wanita menemukan True Beauty mereka dan menyebarkan spirit Wonder Woman kepada seluruh wanita di Indonesia," imbuh dia.

Baca juga: Pentingnya Kandungan Ceramide untuk Perawatan Kulit Wajah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com