Kompas.com - 07/03/2022, 11:38 WIB

KOMPAS.com - Rusia terus mendapat kritik dari berbagai pihak usai negara tersebut memulai serangan ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022) lalu.

Rusia tidak hanya menerima sanksi dari AS, NATO, dan negara-negara sekutunya, tapi sejumlah perusahaan internasional dan brand mewah juga memutuskan angkat kaki dari negara tersebut.

Usai ditinggal oleh Nike, H&M, Spotify, dan Netflix, kini giliran LVMH, Kering, Hermes, dan Chanel ikut menutup sementara toko dan menghentikan bisnisnya di Negara Beruang Merah itu.

Hal tersebut terjadi setelah sejumlah sanksi yang dijatuhkan kepada Rusia telah mempersulit banyak perusahaan internasional untuk menjalankan bisnisnya.

Hermès and Richemont, perusahaan induk di belakang Cartier, Dunhill, dan Jaeger-Lecoultre adalah yang pertama mengumumkan penghentian bisnisnya di Rusia.

"Dengan sangat menyesal kami telah mengambil keputusan untuk menutup sementara toko kami di Rusia dan menghentikan semua kegiatan komersial kami mulai tanggal 4 Maret malam," kata Hermes.

Hal yang senada juga diungkapkan Chanel dalam pernyataan resminya. Brand ini mengaku prihatin atas kondisi yang terjadi di Ukraina pascaserangan oleh Rusia.

“Chanel memutuskan untuk menghentikan sementara bisnisnya di Rusia. Kami tidak akan lagi mengirim ke Rusia, kami akan menutup butik kami dan kami telah menangguhkan e-commerce kami," tulis Chanel.

Sementara itu, LVMH yang juga menghentikan bisnisnya di negara Beruang Merah tersebut berjanji untuk terus membayar gaji 3.5000 karyawannya walau 124 butik di Rusia ditutup.

Kering juga mengumumkan komitmen serupa kepada 180 karyawannya di Rusia dan kedua konglomerat bersama dengan Richemont dan L'Oreal telah berjanji untuk memberikan dukungan keuangan bagi para pengungsi Ukraina.

Baca juga: Anastasiia Lenna, Miss Ukraina yang Angkat Senjata Hadapi Rusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.