Kompas.com - 07/03/2022, 12:37 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setelah mengirim surat lamaran kerja, mungkin kita mengharapkan ada kabar lanjutan dari tim Human Resource Development (HRD).

Namun kenyataannya tidak semanis yang diharapkan. Seringkali kita tidak diberi kabar soal proses rekrutmen padahal sudah yakin dengan persyaratan hingga wawancara kerja di tahap awal.

Dalam posisi ini, kita sebagai pencari kerja berada di zona yang serba sulit. Bisa jadi stres melanda gara-gara menunggu sesuatu yang belum pasti.

Baca juga: Hindari, Melamar Kerja untuk Lebih dari 1 Posisi di 1 Perusahaan

Mengutip The Balance Careers, berikut beberapa alasan tim HRD atau perusahaan tidak memberi tahu kabar lanjutan bagi para kandidat yang sudah mengirim lamaran pekerjaan.

1. Perusahaan tidak berkewajiban untuk memberi kabar

Beberapa perusahaan mungkin sengaja memberi kabar karena mereka memiliki sistem otomatis untuk memberi tahu pelamar akan hasil rekrutmen di awal.

Meskipun itu adalah hal yang sopan, perlu dicatat bahwa perusahaan tidak memiliki kewajiban untuk memberi kabar lanjutan terkait proses rekrutmen.

2. Perusahaan perlu waktu untuk meninjau kandidat

Tim HRD atau perusahaan membutuhkan waktu untuk meninjau setiap lamaran dan memutuskan hasilnya hingga mendapatkan kandidat yang tepat.

Dalam proses perekrutan karyawan baru, rata-rata perusahaan membutuhkan waktu sekitar dua minggu hingga satu bulan.

Namun rentang waktu tersebut tidak menjadi patokan. Beberapa perusahaan mungkin memiliki birokrasi masing-masing, sehingga proses rekrutmen berlangsung lebih lama atau bahkan lebih cepat.

3. Kita tidak cocok dengan kualifikasi

Jika skill atau resume kita tidak cocok dengan kualifikasi yang dicari, mungkin perusahaan tidak mempertimbangkan kita untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.