Kompas.com - 08/03/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Semua orang pada dasarnya ingin memiliki tubuh ideal dan ramping serta sehat. Sayangnya, bagi banyak orang pula, menurunkan berat badan bukanlah perkara mudah.

Kendati demikian, itu bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Buktinya, Daniel, seorang pria berusia 40 tahun asal Warrington, Inggris, bisa melakukannya.

"Saya menggendut. Berat badan saya terus naik beberapa tahun terakhir tanpa saya sadari. Setelah lockdown berlangsung, saya sering makan takeout," ujar Daniel.

Baca juga: Suntikan Penurun Berat Badan Bantu Hilangkan 15 Persen Massa Tubuh

"Saya pun membeli pakaian baru saat keadaan sudah mulai kembali normal, dan saya terkejut ketika celana berukuran 38 terasa sempit, dan petugas toko merekomendasikan 40."

Demikian penuturan Daniel saat menceritakan awal mula dia bergabung dengan gym Ultimate Performance di Manchester, Inggris.

Daniel mengaku pernah melakukan angkat beban saat usianya lebih muda. Namun, lama kelamaan, cedera dan inkonsistensi mengurangi frekuensi dan efektivitas latihannya.

Sisanya, dia hanya berolahraga secara sporadis.

"Secara mental, saya sedikit kehilangan motivasi. Namun, melalui proses ini, saya memahami bahwa aktivitas fisik berhubungan dengan wellbeing saya," ujar dia.

Baca juga: Diet Puasa Picu Lenyapnya Massa Otot, Benarkah?

Menyiapkan makan sendiri

Selama proses transfromasi, Daniel mengakau harus menyiapkan makanan sendiri, dan membuat dia lebih sadar akan pilihan makanan yang masuk ke dalam perutnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.