Kompas.com - 09/03/2022, 08:07 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebenarnya, hampir semua makanan dan minuman memiliki sisi positif selama dikonsumsi dalam jumlah tertentu, termasuk wine dan minuman beralkohol lainnya.

Ya, entah itu wine, bir, atau cocktail, minum minuman beralkohol memang memiliki manfaat kesehatan selama dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

Namun, sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh saat kita meminum alkohol sesuai batas yang ditentukan tersebut? Berikut paparannya.

Stres berkurang

Wine memang dapat membuat kita “santai.” Namun, sebenarnya efek penurun stres wine ini rupanya dapat dijelaskan secara ilmiah.

Dilansir dari Eating Well, suatu senyawa dalam anggur merah yang disebut resveratrol, bertanggung jawab atas banyak manfaat anti-inflamasi anggur.

Bahkan, penelitian dari tahun 2019 dalam jurnal Neuropharmacology menemukan bahwa resveratrol memiliki efek anti-stres dengan memblokir enzim di otak yang mengarah pada perilaku seperti depresi dan kecemasan.

Tinjauan studi lain juga menemukan bahwa konsumsi sedang anggur (1 gelas sehari bagi perempuan dan dua gelas sehari untuk laki-laki) dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang 32 persen lebih rendah.

Kesehatan mental meningkat

Saat merasa stres berkurang, kemungkinan mood akan meningkat, sehingga keinginan bersosialisasi meningkat lebih mudah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.