Kompas.com - 09/03/2022, 11:25 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kehadiran tanaman hias tak hanya berfungsi sebagai penambah fitur dekoratif di dalam rumah.

Lebih dari itu, beberapa tanaman hias mampu menyingkirkan polutan berbahaya di udara yang dapat mengganggu kesehatan penghuninya.

Penelitian baru yang dipimpin oleh Universitas Birmingham telah mengungkapkan bahwa tiga tanaman hias bisa mengurangi tingkat nitrogen dioksida (NO2) sebanyak 20 persen di udara.

Baca juga: Mudah Dirawat, Ini Tanaman Hias untuk Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah

Perlu diketahui, menghirup udara dengan konsentrasi NO2 dapat mengiritasi saluran udara pada sistem pernapasan manusia.

Kondisinya akan lebih buruk bagi penderita penyakit pernapasan seperti asma.

"Tingkat NO2 yang tinggi dapat mengiritasi dan seolah membakar lapisan saluran pernapasan yang memicu asma, kesulitan bernapas hingga batuk," demikian penjelasan Asthma + Lung UK.

Dalam studi yang dilakukan bersama Royal Horticultural Society (RHS), tim peneliti menguji efektivitas sejumlah tanaman hias dalam mengurangi polutan di udara.

Ilustrasi tanaman hias Dracaena Fragrans Burley SHUTTERSTOCK/YOUNG SWEE MING Ilustrasi tanaman hias Dracaena Fragrans Burley
Tanaman hias tersebut adalah peace lily (Spathiphyllum wallisii), Sri Gading (dracaena fragrans) dan pakis arum atau tanaman dolar (Zamioculcas zamiifolia).

Setiap tanaman ditempatkan ke dalam ruang uji yang mengandung kadar NO2 yang mirip dengan kantor yang lokasinya di pinggir jalan raya dan dipantau selama satu jam.

Hasilnya mengungkapkan bahwa ketiga tanaman hias tersebut mampu menghilangkan setengah NO2 di dalam ruangan selama satu jam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.