Kompas.com - 09/03/2022, 15:41 WIB

KOMPAS.com - Mewarnai rambut menjadi cara yang mudah dan cepat untuk mengubah penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri. Namun, banyak orang merasa cemas jika proses pewarnaan akan membuat rambut rusak.

Dalam riset Kantar tahun 2020, terungkap 62 persen orang merasakan dilema sebelum melakukan pewarnaan.

Kondisi rambut yang tidak prima juga dirasakan oleh influencer Astrid Satwika. Ia mengaku rambutnya menjadi lebih kering setelah diwarnai.

"Setiap kali diwarnai kondisi rambutku menurun. Rambut jadi rapuh, kasar, dan kusut kalau disisir," kata Astrid yang mewarnai rambutnya dengan warna pirang kecokelatan ini.

Head of Education Kerastase Indonesia, Sitoresmi menjelaskan, permasalahan rambut yang timbul setelah proses pewarnaan terjadi karena kondisi rambut yang lebih sensitif.

"Dari hasil analisa berkelanjutan, Kerastase menemukan musuh utama rambut yang diwarnai adalah air dan kelembaban udara, paparan sinar ultraviolet, dan juga proses styling," kata Sitoresmi dalam acara peluncuran perawatan rambut Chroma Absolu secara virtual (9/3/2022).

Baca juga: Airtouch, Teknik Terkini Pewarnaan Rambut untuk Hasil Natural

Sinar ultraviolet akan memperkuat pigmen warna merah dan melemahkan pigmen warna biru pada rambut. Efeknya adlaah rambut berubah warna menjadi kemerahan atau tembaga.

Ia menambahkan, kerusakan rambut bisa dilihat pada tiga lapisan, yaitu di bagian inti rambut yang membuat rambut jadi rapuh, pada bagian tengah atau kutikula yang jadi kasar dan kering, serta di lapisan paling luar sehingga rambut kehilangan kilaunya.

Hairdresser dan juga pemilik salon Lie Kuang & Co Salon, Lie Kuang, menyebutkan bahwa teknik pewarnaan rambut di era modern ini sudah memiliki perlindungan yang lengkap, sehingga kerusakannya bisa diminimalisir.

"Di salon konsumen juga bisa melakukan diagnosis kerusakan rambut sehingga bisa diberikan perawatan yang tepat. Tetapi perawatan di rumah mutlak, karena waktunya lebih banyak," katanya.

Baca juga: Simak, Tips Warnai Rambut agar Lebih Terang Tanpa Bleaching

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.