Kompas.com - 10/03/2022, 07:15 WIB

KOMPAS.com - Rumah lelang Bonhams yang berpusat di London, Inggris, baru saja mengumumkan penjualan mobil Porsche 550 Spyder tahun 1955 langka.

Mobil dengan prototipe coachwork oleh Wendler itu terjual seharga 4.185.000 dollar AS atau kira-kira Rp 59,8 miliar di Pulau Amelia, Florida, Amerika Serikat.

Mobil klasik ikonik ini — sasis no. 550-0036 — dapat dikatakan sebagai salah satu model terpenting Porsche yang pernah dikembangkan.

Baca juga: Melihat Selera Chris Pine dari Porsche Langka Miliknya

Maka, tidak heran jika dengan produksi yang terbatas dan juga usianya, harga mobil klasik ini terus naik setiap ditampilkan di ajang lelang.

Mobil ini awalnya dimiliki oleh kolektor Porsche yang setia selama lebih dari 50 tahun dan telah banyak mengikuti acara balap seperti Nürburgring, AVUS, dan Hockenheim.

Lalu, pemilik terbaru membeli mobil ini pada tahun 1972, di mana sebagian besar mobil sudah tidak memiliki mesin.

Baca juga: Dilelang, Porsche Ikonik Bekas Aktor Steve McQueen

Porsche 550 Spyder tahun 1955 langkavia Hypebeast Porsche 550 Spyder tahun 1955 langka

Namun, dengan cepat masalah ini diatasi dengan mesin empat cam Tipe 547 — mesin no. 90-034 — yang dibangun kembali oleh pembuat mesin empat cam legendaris Billy Doyle dan dipasang ke body  550.

Transaxle asli (no. 10027) juga tetap ada di dalam mobil dan tidak pernah dipisahkan dari 550-0036 ini.

Sementara restorasi terjadi di tahun 80-an pada 550-0036 ini, baru pada tahun 1998 restorasi yang lebih komprehensif dilakukan.

Baca juga: Menyibak Jalinan Asmara Porsche dan TAG Heuer

Pekerjaan teliti ini berlangsung dari tahun 1998 hingga 2003, di mana setiap detail restorasi didokumentasikan dan disimpan dalam dua binder besar.

Seluruh bodi telah dipreteli dan diperbaiki oleh ahli Porsche dari Willison Werkstatt di Lake Park, Florida, AS.

Berdasarkan sudut pandang performa, Porsche 550 Spyder yang ringan ini menghasilkan 135bhp pada 7.200rpm dengan dua karburator Weber 40 DCM, yang dipasangkan dengan transaxle manual empat percepatan.

Baca juga: Sepeda Listrik Porsche, Terinspirasi dari Mobil Offroad

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hypebeast


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.