Kompas.com - 10/03/2022, 10:57 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hidup lebih ramah lingkungan sebenarnya bisa dilakukan dengan sederhana dan mudah. Bahkan kita tidak perlu melakukan perombakan gaya hidup secara menyeluruh.

Terkadang, yang diperlukan hanyalah sedikit perubahan pada rutinitas atau perubahan kecil pada kebiasaan sehari-hari yang dapat mengurangi jejak karbon untuk membuat Bumi ini sedikit lebih baik.

Perubahan ini bisa kita lakukan di rumah dengan sedikit waktu, tenaga, atau uang, tetapi benar-benar bermanfaat untuk membuat perbedaan dalam jangka panjang.

Nah, untuk memulainya, berikut adalah beberapa cara terbaik untuk melakukan perubahan yang lebih ramah lingkungan di rumah.

1. Kurangi plastik

Kita bisa menggunakan botol air sendiri alih-alih membeli air kemasan, atau menggunakan tas belanja guna mengganti tas plastik.

Mengubah kebiasaan rumah tangga seputar konsumsi dan pembuangan plastik dapat membuat perbedaan yang lebih besar.

Tentu benar-benar bebas plastik bukanlah hal yang mudah dan tidak selalu menjadi pilihan bagi kita.

Tetapi, mulailah dengan sesuatu yang kecil, yang dapat kita lakukan dengan mudah untuk membantu mengurangi limbah plastik dan polusi.

Misalnya, mungkin kita mulai membawa botol air isi ulang atau membawa tas jinjing sendiri yang dapat digunakan saat belanja ke toko bahan makanan.

2. Batasi konsumsi daging

Menetapkan satu hari tanpa daging per minggu dapat mengurangi konsumsi daging kita sekitar 15 persen, yang membantu mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.