Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Minyak Zaitun yang Tepat untuk Mengolah Makanan

Kompas.com - 11/03/2022, 08:35 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak semua minyak zaitun atau olive oil itu sama. Terlebih yang biasanya digunakan untuk mengolah makanan.

Sebab, minyak zaitun memiliki beragam jenis dan varietas, sehingga kita perlu memahami masing-masing perbedaannya sebelum mengolahnya ke dalam makanan.

Perbedaan minyak zaitun

Brie Thompson, salah satu pendiri Olivelle sebuah toko khusus minyak zaitun di Bozeman, Mont, mengatakan bahwa ada ribuan jenis minyak zaitun yang berbeda di dunia.

Menurut dia, minyak zaitun dapat dibedakan oleh tiga faktor utama, termasuk varietas zaitun yang ditanam dan diperas (ada lebih dari 500 varietas zaitun di dunia), tingkat kematangan saat buah zaitun dipanen dan diperas, serta kualitas atau kadar dari minyak zaitun.

"Penting untuk dicatat bahwa tidak semua minyak zaitun, bahkan dalam klasifikasi yang serupa, adalah sama. Ini hanya karena istilah umum yang terkait dengan rentang angka yang luas pada analisis kimia," jelasnya.

Minyak zaitun extra virgin, misalnya, berasal dari batch pertama dari buah zaitun yang diperas dan merupakan minyak zaitun dengan kualitas tertinggi.

"Perasan kedua dapat menghasilkan minyak zaitun murni yang memiliki rasa kurang kuat dan pemerasan ketiga dapat menghasilkan minyak zaitun generik," ungkapnya.

Selain itu, faktor musim juga penting dalam memengaruhi kualitas minyak zaitun.

"Minyak zaitun yang dibuat dari buah zaitun di awal musim sering kali lebih pedas dan lebih kuat, sementara buah zaitun yang dipanen di akhir musim mungkin memiliki rasa yang lebih lembut," lanjutnya.

Baca juga: Cara Sederhana Mengenali Minyak Zaitun Asli

Tips memilih minyak zaitun yang tepat

Membeli minyak zaitun hampir mirip seperti membeli anggur karena ada begitu banyak faktor yang dapat membedakan rasanya.

"Jika memungkinkan, sangat ideal untuk mencicipi minyak sebelum membelinya sehingga kita dapat memverifikasi bahwa itu segar dan kita menikmati rasanya," kata Thompson.

Namun, pada akhirnya, satu-satunya hal yang sangat penting adalah menemukan minyak zaitun yang kita sukai.

"Minyak zaitun harus terasa sedikit manis, berwarna hijau seperti sayuran segar, dan tidak memiliki rasa apek, tajam, atau baunya seperti kacang tua," jelasnya.

Apabila kita tidak dapat mencicipi minyak zaitun sebelum membelinya, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan sebagai berikut.

• Kualitas dan ketahanan minyak zaitun

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com