Kompas.com - 11/03/2022, 10:14 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berolahraga setelah pulih dari Covid-19 mungkin bukan sesuatu yang mudah. Pasalnya, umumnya virus Covid-19 tetap mengurangi kapasitas kita dalam berolahraga.

Kendati demikian, berolahraga bukanlah hal yang tidak mungkin. Menjadi aktif usai menderita Covid-19 bisa dilakukan, meski dengan penyesuaian tertentu.

Ahli penyakit kardiovaskular dari American Heart Association (AHA) Sandeep R. Das mengatakan bahwa dampak virus Covid-19 pada tubuh sebenarnya dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu:

  • Masa terinfeksi dan bergejala.
  • Periode segera setelah tidak lagi mengalami gejala.
  • Jangka panjang, yaitu beberapa minggu atau bulan setelah infeksi.

Pada fase gejala pertama, tubuh akan mengerahkan semua energinya untuk melawan infeksi, sehingga kemungkinan besar kita tidak bisa melakukan olahraga apa pun.

Setelah gejala mereda, tak sedikit orang yang masih merasakan sisa kelelahan.

Menurut Das, biasanya kelelahan itu berlangsung selama beberapa minggu, meski dapat berlangsung lebih lama, bahkan berbulan-bulan pada sebagian kecil penderita.

Lalu dalam periode jangka panjang, ada beberapa penyintas Covid-19 yang memiliki gejala hingga berbulan-bulan.

Baca juga: Terungkap, Olahraga Mampu Tingkatkan Efektivitas Vaksin Covid-19

Das berpendapat bahwa meski data masih kurang, data yang ada menunjukkan bahwa tiga tahapan di atas memperlihatkan bahwa Covid-19 melemahkan para penyintasnya.

Covid-19 sendiri menyebabkan reaksi peradangan pada tubuh, yang berdampak pada jantung, paru-paru, dan sistem muskuloskeletal, yang semuanya penting untuk mencapai kebugaran yang optimal.

Beberapa orang bahkan mengalami “long Covid,” masalah kesehatan yang tetap terjadi meski telah pulih dari fase akut penyakitnya.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.