Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Glycolic Acid untuk Menyamarkan Noda Hitam di Wajah

Kompas.com - 11/03/2022, 21:16 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berada di daerah tropis dengan UV index yang tinggi membuat masyarakat Indonesia sering mengalami masalah kulit seperti kulit kusam, warna kulit tidak merata sampai munculnya noda hitam atau dark spot.

Masalah noda hitam ini banyak dikeluhkan sebagai hambatan untuk memperoleh kulit yang cerah, glowing, dan tampak sehat, terutama bagi para perempuan.

Untuk mengatasinya, seorang dokter spesialis kulit sekaligus content creator, Dr Danar Wicaksono, SpDV, pun merekomendasikan penggunaan produk dengan kandungan berbahan glycolic acid yang mampu menyamarkan noda hitam.

Manfaat glycolic acid

Menurut Dr Danar, selama ini glycolic acid dikenal mampu meregangkan sel-sel kulit mati yang berkontribusi dalam menghilangkan flek hitam melalui proses peeling atau eksfoliasi.

Namun, kini glycolic acid sudah banyak ditemukan dalam berbagai perawatan kulit seperti facial wash, serum, day cream, dan night cream.

"Glycolic acid bisa bekerja secara simultan dengan niacinamide dalam produk perawatan kulit untuk menghilangkan noda hitam tanpa membuat kulit kita iritasi," terangnya dalam konferensi pers peluncuran Glycolis Bright dari  L'Oréal Paris, Kamis (10/3/2022).

"Ini adalah salah satu bahan aktif yang paling  disukai karena molekulnya kecil, sehingga mampu menembus dan memiliki efek yang kuat pada kulit bagian atas (epidermis) dan kulit bagian dalam (dermis)," sambung dia.

Dokter Danar juga menjelaskan bahwa pada bagian epidermis, glycolic acid akan memotong lapisan protein yang menyatukan sel-sel kulit mati, menyamarkan flek, serta merangsang tumbuhnya lapisan kulit baru dengan warna yang merata agar kulit wajah terlihat lebih bersih dan cerah.

Meskipun glycolic acid sudah aman digunakan oleh berbagai macam kondisi kulit, tetapi Dr Danar tetap memperingatkan kita untuk berhati-hati dalam memakainya, terutama jika ada efek iritasi dan alergi.

"Kita bisa mencoba produk dengan kandungan glycolic acid itu satu kali saja pada malam hari. Apabila tidak ada efek samping yang serius, maka kita bisa meningkatkan pemakaian jadi dua kali sehari," katanya.

"Tapi kalau ada masalah kulit yang timbul, segera konsultasikan hal ini pada dokter atau ahli kulit yang profesional," saran dia.

Produk dengan glycolic acid

L'Oreal Paris Glycolic Bright L'Oreal Paris Glycolic Bright
Untuk membantu mengatasi masalah noda hitam, merek kecantikan L' Oreal pun menghadirkan rangkaian produk baru yakni  L'Oreal Paris Glycolic Bright.

Dengan kandungan 1 persen glycolic acid dan bahan aktif lainnya, L'Oreal Paris Glycolic Bright dapat membantu menyamarkan hingga noda hitam hingga 57 persen dan membuat wajah tampak lebih cerah.

Head of Research and Innovations L'Oreal Indonesia, Nayana Dharsono, lebih jauh mengungkapkan bahwa L'Oreal Paris Glycolic Bright dirancang khusus untuk memberikan hasil yang sesuai pada empat dimensi cahaya kulit.

"Terinspirasi dari prosedur peeling, formula ini mengandung kombinasi optimal dengan tingkat efektivitas yang tinggi dari 1 persen glycolic acid, yang mampu mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan pembaruan sel," ungkapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com