Kompas.com - 11/03/2022, 21:16 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berada di daerah tropis dengan UV index yang tinggi membuat masyarakat Indonesia sering mengalami masalah kulit seperti kulit kusam, warna kulit tidak merata sampai munculnya noda hitam atau dark spot.

Masalah noda hitam ini banyak dikeluhkan sebagai hambatan untuk memperoleh kulit yang cerah, glowing, dan tampak sehat, terutama bagi para perempuan.

Untuk mengatasinya, seorang dokter spesialis kulit sekaligus content creator, Dr Danar Wicaksono, SpDV, pun merekomendasikan penggunaan produk dengan kandungan berbahan glycolic acid yang mampu menyamarkan noda hitam.

Manfaat glycolic acid

Menurut Dr Danar, selama ini glycolic acid dikenal mampu meregangkan sel-sel kulit mati yang berkontribusi dalam menghilangkan flek hitam melalui proses peeling atau eksfoliasi.

Namun, kini glycolic acid sudah banyak ditemukan dalam berbagai perawatan kulit seperti facial wash, serum, day cream, dan night cream.

"Glycolic acid bisa bekerja secara simultan dengan niacinamide dalam produk perawatan kulit untuk menghilangkan noda hitam tanpa membuat kulit kita iritasi," terangnya dalam konferensi pers peluncuran Glycolis Bright dari  L'Oréal Paris, Kamis (10/3/2022).

"Ini adalah salah satu bahan aktif yang paling  disukai karena molekulnya kecil, sehingga mampu menembus dan memiliki efek yang kuat pada kulit bagian atas (epidermis) dan kulit bagian dalam (dermis)," sambung dia.

Dokter Danar juga menjelaskan bahwa pada bagian epidermis, glycolic acid akan memotong lapisan protein yang menyatukan sel-sel kulit mati, menyamarkan flek, serta merangsang tumbuhnya lapisan kulit baru dengan warna yang merata agar kulit wajah terlihat lebih bersih dan cerah.

Meskipun glycolic acid sudah aman digunakan oleh berbagai macam kondisi kulit, tetapi Dr Danar tetap memperingatkan kita untuk berhati-hati dalam memakainya, terutama jika ada efek iritasi dan alergi.

"Kita bisa mencoba produk dengan kandungan glycolic acid itu satu kali saja pada malam hari. Apabila tidak ada efek samping yang serius, maka kita bisa meningkatkan pemakaian jadi dua kali sehari," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.