Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Sering Dilupakan, Begini Manfaat Bersepeda

Kompas.com - 14/03/2022, 11:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Tren bersepeda memang mengalami kenaikan sejak pandemi Covid-19 melanda. Banyak orang yang memilih bersepeda sebagai alternatif menjalani gaya hidup yang sehat.

Sepeda merupakan moda transportasi darat yang relatif murah, praktis, dan aman bagi lingkungan.

Melansir betterhealth, bersepeda dapat membantu melindungi Anda dari penyakit serius seperti stroke, serangan jantung, beberapa jenis kanker, depresi, diabetes, obesitas, dan radang sendi.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, bersepeda juga memiliki banyak manfaat lain yang bisa dirasakan. Bersepeda juga dapat dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Pengalaman mahal saat bersepeda juga dialami oleh Wisnu Nugroho, yang rela memboyong sepeda kesayangannya sampai ke Roma, Italia. Selain karena hobi, dirinya bisa menikmati momen sambil menemukan berbagai tempat yang indah, yang jarang diketahui banyak orang.

Kisahnya bisa Anda dengarkan melalui siniar Beginu bertajuk “Belajar Memahami dan Bertindak seperti Roma” hanya di Spotify.

Bersepeda menyimpan segudang manfaat yang bisa didapat.

Mengatasi Insomnia

Olahraga dipercaya bisa mengatasi gangguan tidur. Cobalah bersepeda selama 20–30 menit setiap 2 hari sekali, maka waktu tidur Anda akan mulai teratur. Bersepeda sebelum terik matahari, bisa menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

National Sleep Foundation menemukan, lebih dari 75 persen orang yang bersepeda memiliki kualitas tidur yang baik, dibandingkan dengan orang yang tidak bersepeda. Orang yang tidak bersepeda cenderung lebih mengantuk di siang hari dan merasa kurang istirahat saat bangun tidur.

Baca juga: Memahami Yin-Yang dari Bersepeda

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.