Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benedict Cumberbatch Buka Pintu Rumah untuk Pengungsi Ukraina

Kompas.com - 14/03/2022, 20:53 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Mirror

KOMPAS.com - Pemeran Doctor Strange, Benedict Cumberbatch berjanji untuk melakukan hal yang dia bisa kepada pengungsi Ukraina.

Dia menawarkan rumahnya untuk menjadi tempat singgah bagi para pengungsi dari Ukraina yang datang ke Inggris.

"Inilah yang saya coba lakukan untuk menunjukkan bahwa saya berdiri berdampingan dengan saudara-saudara saya yang sedang mendapat ujian ini," kata Benedict.

Baca juga: Pangeran William dan Kate Middleton Tunjukkan Kepedulian pada Ukraina

"Kita semua perlu melakukan lebih dari sekadar memakai lencana. Kita perlu membantu, menekan politisi untuk terus menciptakan keamanan bagi pengungsi dan melindungi orang-orang yang menderita,"

Hatinya pun semakin tersentuh ketika mengetahui banyak warga Inggris yang mendesak pemerintah Inggris untuk segera bertindak atas perang yang terjadi di Eropa. 

"Saya dengar banyak orang dengan sukarela membawa pengungsi ke rumah mereka. Saya berharap untuk bisa menjadi bagian dari itu juga," katanya.

Kepeduliannya terhadap warga Ukraina juga ditunjukkan aktor berusia 45 tahun itu dengan mengenakan pin kecil di jasnya yang bergambar bendera Ukraina saat berjalan di red carpet British Academy Film Awards 2022.

Dalam acara ini, pidato mengenai dukungan industri perfilman terhadap Ukraina juga diutarakan di awal acara. 

Di lain kesempatan, Menteri Teknologi Inggris, Chris Philp pada Jumat, 11 Maret 2022 mengatakan rencana Inggris membuka pintu untuk warga Ukraina akan terwujud dalam waktu dekat. 

Bahkan telah disiapkan skema-skema bagi pengungsi Ukraina yang dapat tinggal di rumah warga meski tidak ada ikatan keluarga. 

"Kami akan membuat pengumuman dalam waktu dekat tentang skema untuk warga lokal Inggris. Kami sebagai warga Inggris menyambut pengungsi Ukraina," paparnya.

Benedict bukan satu-satunya figur publik yang peduli dengan sesama, khususnya warga Ukraina yang terdampak invasi Rusia.

Baca juga: Pangeran William dan Kate Middleton Tunjukkan Kepedulian pada Ukraina

Supermodel Bella dan Gigi Hadid sempat menyumbangkan pendapatannya dari ajang Paris Fashion Week, pekan lalu.

Keluarga Kerajaan Inggris juga diketahui turut mengulurkan bantuan melalui Royal Foundation bagi para pengungsi Ukraina.

Begitu pula dengan bintang Homes Under The Hammer, Martin Roberts yang rela mengemudi 26 jam untuk memberikan bantuan ke perbatasan Ukraina - Polandia.

Sejak invasi Rusia pada dua pekan lalu, diperkirakan 2,5 juta orang telah meninggalkan Ukraina ke sejumlah negara tetangga dan Inggris juga akan membuka pintu bagi pengungsi dari Ukraina.

Baca juga: Curahan Hati Desainer Asal Ukraina yang Terjebak Dalam Perang

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com