Kompas.com - 15/03/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang kaki, kita semua ingin melakukan yang kita bisa untuk menjaganya tetap sehat dan dalam kondisi prima.

Hal ini juga sangat penting bagi orang-orang yang memiliki telapak kaki datar (flat feet), yang merupakan suatu kondisi di mana satu atau kedua kaki tidak memiliki lengkungan saat berdiri.

Meskipun kebanyakan orang dengan kaki rata tidak memiliki masalah kesehatan yang signifikan, kondisi ini masih membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra, terutama bagi mereka yang aktif dan banyak berdiri.

Baca juga: Telapak Kaki Datar

Baik itu memperkuat kaki rata dan otot, serta tendon yang terpengaruh atau mengetahui apa yang harus dihindari, kesadaran adalah kuncinya.

Singkatnya, olahraga itu baik untuk orang-orang yang memiliki telapak kaki yang rata.

"Selama kita tidak mengalami rasa sakit dan kemajuan meningkat dalam aktivitas atau olahraga dalam jumlah sedang, tidak ada alasan untuk membatasi diri," kata ahli terapi fisik, Michael Bogden.

Dia menambahkan, olahraga adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kaki rata karena ini menciptakan banyak dukungan otot untuk menebus ketidakstabilan struktural yang tidak ada.

"Tulang dan ligamen tidak memberikan jumlah dukungan struktural yang kita inginkan," kata Bogden.

"Ini sama dengan memperkuat manset rotator ketika kita memiliki ketidakstabilan di bahu," sambung dia.

Baca juga: Berjalan Kaki Selama 15 Menit, Ini Manfaatnya

Sekali lagi, selama tidak ada rasa sakit dan latihan berkembang dalam jumlah sedang untuk menilai seberapa baik kaki kita menoleransi latihan, Bogden mengatakan tidak apa-apa untuk menjadi seaktif mungkin asalkan kita merasa nyaman.

Latihan kekuatan

Meskipun ada banyak latihan kekuatan yang bagus untuk kaki rata, penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan, ahli penyakit kaki, atau terapis fisik sebelum kita memulainya.

"Karena ada spektrum kondisi kaki datar yang begitu luas, penting untuk memahami di mana kita berada pada spektrum itu," kata Bogden.

"Anggap saja seperti ini, ada kisaran dosis yang berbeda untuk obat apa pun, jadi kita perlu berbicara dengan dokter untuk menentukan di mana tempat terbaik untuk memulai," sambung dia.

Nah, berikut ini terdapat beberapa latihan yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki telapak kaki yang rata.

1. Arch lift

Arch lift yang juga dikenal sebagai "foot doming" merupakan latihan yang menjaga kaki rata kita di lantai dan mengangkat lengkungan kaki sebanyak yang kita bisa.

Baca juga: Jari Kaki Bengkak

Kemudian, menggulingkan berat kaki ke luar sambil menjaga tumit dan jari kaki di tanah. Kita dapat melakukan latihan ini dengan berdiri atau duduk.

"Latihan ini dapat memperkuat otot-otot intrinsik kaki dan penelitian menunjukkan, itu membantu kondisi lain seperti plantar fasciitis," kata Bogden.

2. Mengambil kelereng

Latihan lain yang dapat memperkuat otot intrinsik (dalam) di kaki kita adalah dengan menggunakan jari-jari kaki untuk mengambil kelereng.

Tempatkan 10-20 kelereng di lantai di sebelah mangkuk. Sambil duduk, gunakan jari-jari kaki untuk mengambil setiap kelereng dan letakkan di mangkuk.

Bogden menambahkan, mengambil handuk dengan jari-jari kaki juga dapat memberikan latihan yang serupa.

3. Angkat tumit

Latihan yang mudah, mulailah dengan kaki rata di lantai dan angkat tumit. Lalu, letakkan beban pada bola kaki.

Tahan posisi selama beberapa detik dan perlahan turunkan tubuh.

4. Berjalan dengan tumit

Berjalan melintasi ruangan dengan tumit atau jari-jari kaki di udara dapat memperkuat otot-otot di pergelangan kaki.

Baca juga: Penyebab Jari Kaki Sering Kram

Mengulangi latihan pada jari-jari kaki dengan tumit di udara (pada dasarnya berjalan dengan ujung kaki) dapat memberikan manfaat yang sama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.