Kompas.com - 15/03/2022, 17:33 WIB

KOMPAS.com - Hailey Bieber baru saja dirawat di rumah sakit setelah mengalami blood clot alias penggumpalan darah.

Ia sedang sarapan bersama suaminya, Justin Bieber, ketika mengalami gejala stroke dan langsung dibawa ke fasilitas kesehatan.

Model ini kemudian didiagnosis menderita gumpalan darah yang sangat kecil di otaknya, yang menyebabkan kekurangan oksigen.

Tubuhnya mampu mengeluarkan gumpalan darah tersebut dengan sendirinya sehingga sembuh dalam waktu relatif singkat.

Baca juga: Marah dan Aktivitas Fisik Berat Bisa Picu Serangan Stroke

Dr. Shazam Hussain, direktur Pusat Serebrovaskular di Cleveland Clinic mengatakan blood clot bisa terjadi karena alasan yang berbeda untuk setiap orang, baik dipicu faktor lingkungan maupun genetik.

Tekanan darah tinggi, kolesterol maupun masalah kadar gula dalam tubuh bisa memicu terjadinya blood clot.

"Ketika kami memiliki orang yang lebih muda yang mengalami stroke, kami akan mencari hal-hal yang akan menyebabkan hal itu, termasuk pengaruh genetik dan keturunan dalam keluarga," kata Hussain.

Gumpalan darah yang ada di otak biasanya berasal dari pembuluh darah yang tersumbat di suatu tempat di tubuh seperti leher, atau langsung dari jantung.

Ketika terjadi di otak, yang merupakan organ paling sensitif terhadap kekurangan aliran darah, maka akan menyebabkan fungsi otak mati dan menyebabkan gejala seperti stroke.

Gejalanya antara lain gangguan keseimbangan, mata, penglihatan, wajah terkulai, lengan dan anggota badan yang terasa lemah dan sulit berbicara.

Baca juga: Hati-hati, Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Stroke

Halaman:
Sumber People


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.