Kompas.com - 15/03/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Sudah rajin berolahraga demi menurunkan berat badan, tapi yang terjadi timbangan malah makin berat?

Olahraga memang dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan.

Namun ternyata, rutinitas berolahraga yang dibarengi dengan hasil timbangan yang malah menjadi semakin berat merupakan suatu hal yang normal.

Sehingga, para ahli mengingatkan kita untuk tidak terlalu sering menimbang berat badan karena dapat memberikan dampak negatif dan kerap menjadi beban pikiran.

Ahli Endrokrinologi, Kathleen Wyne mengatakan, kenaikan berat badan ketika sudah rutin berolahraga dapat disebabkan oleh banyak faktor.

Misalnya asupan garam pada konsumsi makanan sehari-hari, jumlah makanan yang dikonsumsi, sembelit, efek samping obat-obatan, hingga perubahan hormon.

Baca juga: 6 Olahraga yang Efektif Mengecilkan Perut Buncit

Beberapa jenis olahraga tertentu juga dapat membangun massa otot. Pembentukan massa otot ini pada awalnya juga terlihat seperti terjadi penambahan berat badan.

Meski begitu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Semakin banyak massa otot yang dibentuk, maka semakin cepat pula tubuh melakukan proses metabolisme.

Proses metabolisme dapat membantu dalam proses pembakaran kalori dan lemak berlebih di tubuh untuk menjadikannya energi.

Di samping itu, berat badan seseorang juga berasal dari kombinasi massa tulang, lemak, darah, otak, saluran saraf, otot bahkan kapasitas udara di paru-paru.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The List
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.