Kompas.com - 15/03/2022, 20:21 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Susu sapi merupakan salah satu dari sederet minuman yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sayangnya, tak semua orang dapat mengonsumsi susu sapi karena sering mengalami gangguan perut, seperti kembung, mual, atau sering kentut.

Gangguan perut ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti intoleransi terhadap laktosa atau dampak dari meminum susu dengan protein A1.

Susu sapi yang umum dikonsumsi saat ini mengandung protein beta-kasein A1. Saat dicerna tubuh, protein beta-kasein A1 melepas fragmen atau peptida yang disebut beta-casomorphin7.

"Senyawa inilah yang bisa memberi dampak ketidaknyamanan pada sistem pencernaan, misalnya diare, sakit perut, sering buang angin, sembelit, mual dan muntah," ujar Dokter Gizi Klinik Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK(K) dalam webinar peluncuran KIN Susu Steril dengan kandungan 100 persen protein A2, Selasa (15/3/2022).

Menurutnya, gangguan tersebut tak akan terjadi apabila mengonsumsi susu sapi dengan protein A2 yang diambil dari sapi khusus yang diseleksi secara ketat. Susus dari sapi-sapi dengan protein A2 ini tak akan memiliki kandungan protein A1.

Webinar peluncuran KIN Susu Steril dengan kandungan 100 persen protein A2 pada Selasa (15/3/2022O Webinar peluncuran KIN Susu Steril dengan kandungan 100 persen protein A2 pada Selasa (15/3/2022O

Menurut dr Fia, susu sapi A2 ini juga memiliki dua kebaikan utama, yaitu mudah dicerna dan diserap tubuh, serta meningkatkan imunitas dan menurunkan proses peradangan.

“Konsumsi susu sapi A2 secara teratur akan membantu tubuh untuk lebih siap menghadapi situasi kesehatan yang menantang seperti sekarang,” ujar dr. Fia.

Susu dari sapi A2 saat ini sudah bisa ditemukan di Indonesia lewat produk susu dari KIN, yang baru saja merilis KIN Susu Steril.

“Kami percaya, bahwa tubuh perlu dan layak mendapatkan lebih dari sekadar nutrisi, tetapi kebaikan yang lebih optimal. Harapan kami, hadirnya KIN Susu Steril bisa membantu masyarakat Indonesia mendapatkan kebaikan instan berupa peningkatan imunitas tubuh dan membantu proses penyembuhan dengan lebih cepat,” ujar President Director PT ABC Kogen Dairy Warren Choo, sambil menjelaskan bahwa susu sapi A2 juga dapat dicerna lebih cepat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.