Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2022, 15:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi beberapa kolektor musik, menemukan piringan hitam atau vinyl yang langka dan harganya mahal adalah sebuah kesenangan tersendiri.

Namun, tidak seperti media musik modern yang tersimpan secara virtual, piringan hitam perlu mendapatkan perhatian yang khusus dalam hal perawatan.

Sehingga, piringan hitam tidak hanya menjadi sekadar pajangan saja, tetapi juga bisa terus dinikmati hingga bertahun-tahun masa penyimpanannya.

Baca juga: Piringan Hitam Tren Lagi, Begini Akibatnya bagi Vincent Rompies

Para ahli pun membagikan kiat-kiat yang tepat dalam merawat piringan hitam agar lebih awet dan bisa terus dinikmati, berikut ini.

1. Simpan secara vertikal

Jika kita cukup beruntung memiliki piringan hitam yang sangat kita sukai, kita pasti ingin menyimpannya dalam kondisi yang baik.

"Selalu simpan piringan hitam secara vertikal," jelas kepala produk dan merek di Victrola, Don Inmon.

Ini adalah penyimpanan yang paling penting karena metode ini dapat menjaga piringan hitam tetap aman.

Di sisi lain, dia tidak menyarankan kita untuk menumpuk piringan hitam karena bisa menyebabkan peningkatan tekanan yang dapat merusak koleksi kita tersebut.

"Pastikan juga kita menempatkan stylus pada piringan hitam dengan hati-hati dengan menggunakan tonearm," catat Inmon.

Baca juga: Inilah Istimewanya Piringan Hitam Menurut 3 Penggila Vinyl

2.  Bersihkan secara teratur

Seorang produser, drummer, dan DJ vinyl, A.J. Hall, mengatakan bahwa kita harus berinvestasi dalam kit yang dapat digunakan saat koleksi piringan hitam kita membutuhkan sedikit perawatan.

"Hampir semua toko kaset atau toko yang memiliki piringan hitam akan menjual kit perawatan kecil dengan sikat dan larutan pembersih," terangnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa meskipun pembersihan menyeluruh tidak harus dilakukan setiap kali kita mengeluarkan piringan hitam, namun pembersihan secara berkala dapat memperpanjang umur koleksi piringan hitam.

Saat melakukan pembersihan, Hall pun menyarankan untuk mengoleskan antara 2-3 tetes larutan pembersih ke sikat dan bekerja dengan gerakan melingkar di setiap sisi piringan hitam sampai terlihat bersih.

Baca juga: Hari Musik Nasional, Iwan Fals Rilis Ulang Mata Dewa dalam Format Piringan Hitam

3. Jangan lupa untuk dimainkan

Langkah besar untuk menjaga koleksi piringan hitam kita tetap berfungsi dengan baik — selain menyimpannya dengan aman — adalah memainkannya secara berkala.

"Jika kita masuk ke toko kaset dan mencium bau yang mengganggu hampir setiap toko kaset, itu karena satu hal yakni ada piringan hitam yang sudah lama tidak dipindahkan (atau dimainkan)," jelasnya.

"Jadi, piringan hitam bukan hanya sekadar koleksi yang bisa dijadikan dekorasi, tetapi kita harus tetap memainkannya," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com