Kompas.com - 17/03/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, tentu ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Salah satunya, pada siklus menstruasi.

Ya, menstruasi memang ditentukan oleh hormon, sehingga perubahan hormon normal terkait usia akan mempengaruhi siklusnya.

Namun, apa saja perubahan yang terjadi? Berikut paparannya.

Usia 20 tahunan

Jika saat remaja siklus menstruasi terasa acak-acakan dan bisa muncul mendadak, di usia 20 tahunan, siklusnya menjadi lebih konsisten.

Baca juga: 6 Makanan untuk Redakan Kram Saat Menstruasi

Kendati demikian, saat siklus mulai konsisten dan datang hampir setiap bulan sekali, umumnya kita akan mengalami Premenstrual Syndrome (PMS), kram, dan nyeri payudara.

Jika tidak terbiasa menghadapi efek samping ini, tentu akan menjadi semacam “kejutan” yang tidak menyenangkan bagi diri kita.

Perubahan besar lainnya yang biasa terjadi pada usia 20-an berkaitan dengan penggunaan alat kontrasepsi.

Di usia 20 tahunan, banyak perempuan yang memutuskan untuk mulai menggunakan alat kontrasepsi hormonal karena berbagai alasan.

Baca juga: 7 Olahraga yang Masih Bisa Diakukan Saat Menstruasi

Misalnya, memiliki pasangan namun terlalu sibuk berkarier dan belum ingin memikirkan anak-anak.

Nah, meminum pil kontrasepsi kemungkinan akan memicu perubahan pada siklus menstruasi, seperti membuatnya lebih ringan dan lebih teratur, serta gejala PMS dan kram yang berkurang.

Bahkan, pil atau alat kontrasepsi lain seperti IUD hormonal atau Depo-Provera (suntikan KB) dapat menyebabkan menstruasi hilang.

Pil KB mencegah ovulasi, dan tanpa ovulasi, tidak ada penumpukan lapisan rahim yang harus ditumpahkan, membuat menstruasi menghilang.

Baca juga: Komunikasikan Hal Berikut Saat Remaja Putri Mengalami Menstruasi Pertama

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Health
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.