Kompas.com - 18/03/2022, 06:18 WIB

KOMPAS.com - Berbagai sekolah di Jepang dikenal memiliki aturan yang ketat mengenai penampilan siswa.

Salah satu aturan yang menarik perhatian dan bahkan kontroversi adalah soal larangan kuncir rambut bagi siswa perempuan di sejumlah sekolah di negeri itu.

Seorang mantan guru sekolah menengah di Jepang, Motoki Sugiyama mengkritisi aturan tersebut dan mengungkap alasan di balik penetapan kebijakan ini.

Menurut Sugiyama, pihak sekolah khawatir gaya rambut seperti itu akan mengekspos area leher belakang siswa perempuan, hingga memicu rangsangan bagi para siswa laki-laki.

Baca juga: Saat Pangeran Harry Rapikan Rambut Kuncir Kuda Meghan Markle...

"Sekolah khawatir anak laki-laki akan melihat anak perempuan dengan ikatan rambut semacam itu, dan lalu terangsang."

"Jadi aturan ini mirip dengan ketentuan di balik kewajiban bagi siswa perempuan untuk memakai pakaian dalam berwarna putih," kata Sugiyama.

Sugiyama merujuk pada peraturan di mana sebagian besar sekolah mewajibkan siswa perempuan mengenakan pakaian dalam putih.

Dengan aturan pakaian dalam berwarna putih, maka pakaian tersebut tidak akan terlihat menonjol dari balik seragam sekolah.

"Saya selalu mengkritik aturan ini, tetapi karena kurangnya kritik, maka peraturan semacam ini menjadi sangat normal, siswa pun tidak mempunyai pilihan selain menerima aturan tersebut," sambung dia.

Meski demikian, tidak ada statistik yang menunjukkan berapa banyak sekolah di Jepang yang menerapkan larangan kuncir rambut.

Halaman:
Sumber Yahoo News


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.