Kompas.com - 18/03/2022, 06:49 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tahukah kamu kalau di dunia ini ada daerah yang ditinggali oleh orang-orang dengan usia mencapai 100 tahun?

Tempat itu dinamakan Blue Zone alias Zona Biru, yang mencakup Sardinia, Italia; Okinawa, Jepang; Ikaria, Yunani; Nicoya, Costa Rica; dan Loma Linda, California.

Selain lingkungan sosial yang mendukung, warga daerah ini ternyata memiliki kebiasaan makan dan memasak yang membuat mereka lebih sehat.

Jadi, jika membicarakan cara memasak untuk memperlambat penuaan, mungkin tips dari penduduk Zona Biru ini bisa membantu kita.

Perlu diketahui, penduduk Zona Biru hampir selalu memasak makananan di rumah sendiri, dan makan di luar hanya dilakukan saat acara tertentu saja.

Tak hanya itu, penduduk Zona Biru biasanya menanam sayuran dan rempah yang mereka gunakan untuk memasak di kebunnya sendiri.

Nah, kebiasaan memasak di rumah inilah yang membawa manfaat.

Selain lebih hemat, memasak di rumah artinya kita dapat mengendalikan semua bahan baku yang kita gunakan.

Jadi, kita dapat memikirkan sebanyak apa garam, lemak, dan gula yang akan masuk ke dalam makanan kita.

Baca juga: Bisa Ditiru, Kebiasaan Manusia di Zona Biru yang Memperpanjang Usia

Lalu bicara soal minyak untuk memasak, jangan harap penduduk Zona Biru menggunakan minyak yang diproses layaknya minyak canola atau minyak sayur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.