Kompas.com - 18/03/2022, 10:27 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Nyeri otot atau dalam istilah medisnya disebut myalgia sering menjadi keluhan yang perlu segera diatasi.

Orang yang mengalami nyeri otot ditandai dengan pegal hingga rasa sakit di jaringan otot bagian tertentu.

Nyeri otot biasanya dirasakan dalam skala ringan, namun rasa sakitnya seringkali mengganggu aktivitas sehingga banyak orang memilih pengobatan nyeri secara cepat seperti menggunakan obat tempel atau kerap disebut koyo.

Baca juga: Mengenal TENS, Metode Mengatasi Nyeri Tanpa Penggunaan Obat

Koyo atau patch transdermal merupakan obat farmakologi yang ditempel pada bagian tertentu untuk mengurangi rasa sakit hingga mengatasi pegal dan nyeri di otot atau sendi.

Lantas apakah penggunaan koyo dapat mengatasi nyeri otot secara efektif?

Koyo dirancang sedemikian rupa dengan kandungan bahan kimia atau obat-obatan tertentu seperti menthol, capcaisin hingga kombinasi obat pereda nyeri topikal lainnya yang dapat meresap ke kulit.

Obat yang ada pada koyo secara langsung berinteraksi dengan kulit. Tak heran jika ketika menggunakannya, kulit akan merasakan sensasi seperti dingin, hangat, hingga panas.

"Koyo mengandung obat yang memiliki kandungan capcaisin dan sifatnya topikal," kata dr. Sa’ad Budijono, SpKFR, baru-baru ini.

Cara kerja koyo ketika ditempel ke kulit akan melepaskan zat-zat tersebut menuju titik nyeri dan mengirim sinyal ke saraf pusat, sehingga cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit yang diderita hingga mengurangi peradangan.

Baca juga: Sering Pakai Koyo dan Kerokan? Mungkin Tanda Stres

Namun penggunaan koyo ini bukan berarti tidak memiliki efek samping. Kandungan-kandungan obat dan zat kimia yang terdapat pada koyo secara langsung berinteraksi dengan kulit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.