Kompas.com - 18/03/2022, 22:48 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kolaborasi dengan seniman tampaknya bukan menjadi hal yang baru bagi merek sepatu asal Amerika Serikat, Converse.

Dalam momen pembukaan gerai utama (Flagship store) pertamanya di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, merek tersebut pun melakukan kolaborasi dengan seniman muralist lokal bernama Philip Ponk.

Dalam kolaborasi perdana ini, Philip melukis kreasi muralnya di gerai terbaru Converse dan juga meluncurkan desain pattern untuk sepatu limited edition dengan tema yang sama seperti karya pada muralnya.

Mengangkat tema nusantara

Kolaborasi muralist Philip Ponk dalam gerai Flagship pertama Converse di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.KOMPAS.COM/RYAN SARA Kolaborasi muralist Philip Ponk dalam gerai Flagship pertama Converse di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.
Saat ditemui di gerai Flagship Converse, Jumat (18/3/2022), Philip mengatakan bahwa tema kolaborasi ini berkaitan dengan nusantara.

Awalnya, dia merasa kesulitan untuk menggambar sesuatu yang bertema nusantara, sehingga akhirnya dia berkreasi dengan kata "Kita" yang dilebur ke dalam berbagai bahasa daerah di Indonesia.

"Bikin gambar dengan konsep nusantara itu sulit banget karena nusantara itu luas banget. Jadi, yang paling bold ya kata 'Kita'," terangnya kepada Kompas.com.

"Dan menurut saya, nusantara itu tidak harus selalu berhubungan dengan kain batik. Bahkan, bahasa daerah pun bisa masuk di dalam nusantara itu sendiri," lanjut dia.

Kata "Kita" yang digambarkan dalam mural tersebut dikreasikan ke melalui berbagai bahasa daerah seperti "Kite" dari Betawi, "Awak Dewe" dari Jawa, "Urang" dari Sunda, hingga "Torang" dari Manado.

Kolaborasi muralist Philip Ponk dalam gerai Flagship pertama Converse di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.KOMPAS.COM/RYAN SARA Kolaborasi muralist Philip Ponk dalam gerai Flagship pertama Converse di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.
Gambar mural yang prosesnya dilakukan hampir dua minggu ini juga menghadirkan warna-warna cerah seperti ungu, biru, dan hijau, serta karakter khas dari Philip.

"Pada gambar mural di gerai Converse dan sepatu, saya juga selipkan karakter khas yang sering saya gambar dan menjadi andalan yakni Ponka," tambah dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.