Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Kucing Tiba-tiba Menggigit dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 19/03/2022, 09:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Kucing bisa menjadi salah satu hewan peliharaan yang memberikan kesenangan, kehangatan, dan cinta bagi pemiliknya.

Namun, terkadang hewan ini juga memiliki sifat yang tidak ramah dan mungkin bisa saja secara tiba-tiba menyerang dengan gigitan.

Tetapi tidak perlu khawatir. Sebab, dengan memahami psikologi kucing secara tepat, maka dapat membantu mengubah perilaku kucing yang kurang baik semacam itu.

Penulis buku Purr: The Science of Making Your Cat Happy, Zazie Todd, meyakinkan pembaca bahwa ada alasan buruk yang dapat memicu kucing menyerang.

Juga, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Baca juga: 8 Tips Aman Traveling Bareng Kucing Pakai Mobil

"Kita perlu memerhatikan bahasa tubuh kucing, sehingga dapat belajar mengenali tanda-tanda sebelum kucing menyerang dan membantu memberi pilihan pada kucing kita," kata dia.

"Ada beberapa hal yang bisa terjadi jika kucing peliharaan tampaknya akan menyerang kita secara tiba-tiba," sambung dia.

Para ahli hewan pun membagikan setidaknya enam alasan mengapa kucing peliharaan mengigit atau menyerang kita secara tiba-tiba.

1. Kurang bermain

Penulis dan pakar hewan di Cat Behavior Associates, Pam Johnson-Bennett, menggambarkan kucing sebagai pemangsa yang dirangsang oleh aroma, pengelihatan, atau suara mangsa yang potensial.

Biasanya, kucing luar yang bergantung pada berburu untuk bertahan hidup akan terlibat dalam sejumlah upaya setiap hari.

Sedangkan kucing yang dipelihara dengan aman di dalam ruangan masih bisa menahan dorongan pemangsa, meskipun masih bisa melepaskan energi itu.

"Jika seekor kucing tidak menerima stimulasi yang memadai melalui kesempatan bermain yang sering dan pengayaan lingkungan, kucing akhirnya harus mengeluarkan semua energi yang terkumpul untuk setiap gerakan yang terdeteksi," ujar dia.

Baca juga: Mengapa Kucing Mendesis dan Cara Mengatasinya

"Terkadang gerakan itu adalah kaki atau pergelangan kaki pemilik kucing."

"Ini adalah tanda bahwa kucing membutuhkan cara yang lebih konstruktif dan bermanfaat untuk memuaskan dorongan pemangsanya," lanjut dia.

Johnson-Bennett pun menambahkan, solusi sederhana untuk tindakan agresi yang tidak diinginkan ini adalah sesi bermain interaktif dengan mainan kucing yang dilakukan setidaknya dua kali sehari.

"Gunakan mainan jenis pancing untuk memberi jarak antara gigi atau cakar kucing dan tangan pemiliknya."

"Jenis permainan ini akan memungkinkan kucing untuk sepenuhnya menikmati apa artinya menjadi pemburu," kata dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com