Kompas.com - 22/03/2022, 06:45 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mandi air dingin di pagi hari adalah hal yang akan dihindari banyak orang. Apalagi, jika cuaca sedang mendung atau hujan.

Padahal, mandi air dingin bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari. Kebiasaan ini dapat memberikan beragam manfaat, khususnya untuk rambut dan kulit kita.

Berikut ini, ada tujuh alasan baik mengapa kamu perlu mengguyur tubuhmu dengan air dingin di pagi hari.

1. Menjaga kelembapan kulit

Air panas memiliki kemampuan untuk menghilangkan minyak dan lipid pelindung dari kulit kita.

Jika kita mengorbankan minyak dan lipid pelindung karena mengguyur tubuh dengan air panas, lambat laun kulit akan terasa gatal dan tidak nyaman.

"Sebaliknya, mandi air dingin dapat menenangkan kulit yang gatal dan teriritasi, karena air dingin tidak melarutkan minyak ini."

Demikian pemaparan dokter kulit Ife J. Rodney, MD, FAAD. Rodney adalah direktur pendiri Eternal Dermatology + Aesthetics.

"Jika kita terlebih dahulu mandi air panas, minyak alami kulit akan terkelupas, dan mandi air dingin tidak akan mengembalikan minyak tersebut," imbuhnya.

Baca juga: Sederet Manfaat Mandi Air Dingin, Sudah Tahu?

2. Menenangkan kulit yang teriritasi

Jika sudah mengalami iritasi kulit, mandi air dingin akan terasa menenangkan.

"Mandi air dingin dapat mengurangi iritasi, gatal, atau kemerahan, membantu menenangkan kondisi atopik," kata dokter kulit Ava Shamban, MD, pendiri Skinfive.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.