Kompas.com - 22/03/2022, 08:56 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang beranggapan bahwa pria dan wanita tidak bisa benar-benar berrsahabat tanpa ada sedikit pun perasaan romantis di antara mereka.

Ada pula yang beranggapan bahwa hubungan persahabatan pria dan wanita hanya bsa diikat dengan hubungan seksual di antara keduanya.

Namun, benarkah begitu? Apa saja yang mendorong persahabatan antar keduanya?

Penelitian yang dilakukan oleh Tobias Altmann di Journal of Individual Differences menemukan bahwa persahabatan kerap dikaitkan dengan ketahanan, kesejahteraan, kepuasan hidup, dan meningkatkan umur panjang.

Menurut Altmann, persahabatan sendiri datang dalam beberapa jenis berbeda, berdasarkan seberapa dekat orang, fungsi hubungan, dan karakteristik bersama, seperti usia, minat, atau sifat lainnya.

Menurutnya, meski kebanyakan orang memiliki teman dari gender yang sama, kebanyakan orang juga memiliki subkelompok teman lintas gender yang signifikan.

Wanita umumnya memiliki teman wanita, dan beberapa teman pria sejumlah 30 persen, sementara bagi pria justru sebaliknya.

Persahabatan lintas gender sendiri merupakan sebuah fenomena yang disebut oleh para psikolog sebagai heterososialitas.

Untuk itu, kita perlu melihat faktor-faktor apa saja yang mendorong persahabatan lintas gender, misalnya dengan menggunakan Kuesioner Nilai Potret (Portraits Value Questionnaire).

Nah, untuk mengukur heterososialitas, Altmann meneliti 1300 partisipan dengan 68 persen merupakan wanita, lalu membuat daftar semua teman mereka, menghapus daftar keluarga, kenalan, dan pasangan seksual.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.