Kompas.com - 22/03/2022, 09:44 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika kita memiliki kolesterol tinggi atau berisiko mengalami kondisi tersebut, kebiasaan makan tidak selalu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kita.

Kita terlalu sering berfokus pada apa yang kita makan untuk menurunkan kolesterol, padahal apa yang kita minum juga dapat memengaruhi kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Untuk itu, berikut adalah tiga kebiasaan minum yang dapat kita coba untuk menurunkan dan bahkan mencegah kolesterol, terutama jika kita memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi.

1. Minum teh hijau, hitam, atau oolong

Ilustrasi teholgakr Ilustrasi teh
Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia setelah air putih.

Teh hijau (tidak difermentasi), hitam (difermentasi penuh), dan oolong (setengah difermentasi) berasal dari tanaman Camellia sinensis yang sama.

Semuanya dapat memberikan manfaat untuk menurunkan kolesterol dan manfaat kesehatan jantung lainnya.

Manfaat teh untuk kesehatan jantung juga dikaitkan dengan flavonoid yang melimpah termasuk flavan-3-ols, yang merupakan senyawa tanaman alami yang dapat membantu menurunkan kolesterol, serta meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Advances in Nutrition mengevaluasi hasil dari 37 penelitian yang diterbitkan sebelumnya.

Penelitian tersebut melaporkan bahwa peserta yang minum 2-3 cangkir teh (hijau, hitam, atau oolong) per hari mengalami penurunan terhadap risiko penyakit jantung sekitar 8-12 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh.

Baca juga: 5 Manfaat Baik Kebiasaan Minum Teh, Efektif Turunkan Berat Badan

2. Minum jus buah delima

Ilustrasi jus delimashutterstock Ilustrasi jus delima
Warna merah cerah dari buah delima (pomegranate) disebabkan oleh pigmen polifenol dalam buahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.