Kompas.com - 22/03/2022, 11:15 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki ketiak hitam bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri, terlebih jika ingin tampil di depan umum dengan busana tanpa lengan.

Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit ketiak bisa menjadi gelap dan berubah warna.

Bahkan ketika tidak dirawat dengan tepat, warnanya bisa lebih gelap dari bagian kulit lain hingga pori-porinya tampak membesar seperti kulit ayam.

Kulit ketiak hitam bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari iritasi akibat bahan kimia pada deodoran, penumpukan sel kulit mati, hiperpigmentasi, dan kondisi kesehatan lainnya.

Mengatasi ketiak hitam bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun akan lebih baik pertimbangkan dulu dengan perawatan alami yang bebas efek samping daripada perawatan kecantikan yang tak cuma menyakitkan, tapi juga bisa menguras kantong.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi ketiak hitam biar tampilannya tidak seperti kulit ayam, seperti dilansir Healthline.

Baca juga: Kulit Ketiak Hitam? Coba Atasi dengan Lemon

1. Ganti deodoran

Jika sudah pernah menggunakan berbagai merek deodoran tapi tidak ada yang cocok, cobalah untuk beralih ke deodoran alami.

Kandungan antiperspiran yang ada pada deodoran mungkin tidak cocok dengan kulit kita, sehingga dapat menimbulkan gatal hingga keinginan untuk terus menggaruknya.

Kulit ketiak yang terlalu sering digaruk ini dapat membuat warnanya menghitam.

Cobalah untuk ke alternatif deodoran alami lain seperti minyak esensial tea tree yang dioles ke ketiak setiap hari setelah mandi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.