TANYA PAKAR

Tanya Pakar merupakan kolaborasi Kompas.com dan para pakar di bidang nutrisi dan parenting. Kami mengundang Sahabat Kompas.com untuk mengajukan pertanyaan.

Benarkah Ada Beras yang Aman untuk Pengidap Diabetes?

Kompas.com - 22/03/2022, 14:56 WIB
Konsultasi Tanya Pakar Nutrisi

Cari jalan keluar tentang nutrisi secara tepat?

Periksa terperinci gizi Anda, konsultasi ke Kompas.com!

Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Pertanyaan:

Saya ingin bertanya tentang beras rendah gula yang saat ini banyak beredar di pasaran. Apakah benar ada beras tertentu yang bagus untuk penderita diabetes melitus. Saya tertarik membelinya untuk ibu saya yang sudah lama sakit diabetes, tapi masih ragu dengan manfaatnya.

Bisakah dijelaskan jenis beras yang lebih aman untuk pasien diabetes, apakah beras hitam, beras merah, atau beras seperti apa? Apa benar juga klaim beras tertentu ada yang bermanfaat menurunkan kolesterol?
Novianti, Jakarta Selatan

Baca juga: 10 Buah dengan Indeks Glikemik Rendah yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Jawaban:
Halo Ibu Novianti,
Memang benar ada beras tertentu dengan indeks glikemik yang lebih rendah daripada beras putih. Beras putih memiliki indeks glikemik tinggi yaitu sekitar 70.

dr.Raissa Edwina Djuanda M.Gizi, Sp.GK.Dok RSPI dr.Raissa Edwina Djuanda M.Gizi, Sp.GK.
Indeks glikemik ini penting diperhatikan untuk diabetesi. Sebaiknya pilih makanan dengan indeks glikemik yang rendah, karena semakin rendah maka kecepatan peningkatan gula darah di dalam tubuh akan semakin berkurang. Hal ini berguna untuk menjaga kestabilan kadar gula darah pada tubuh.

Beberapa beras yang memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan dengan beras putih dan dapat dipilih untuk diabetesi adalah:

  • Beras merah. Memiliki antioksidan, serat, dan beberapa vitamin.
  • Beras basmati. Mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan beras putih biasa. Termasuk ke dalam whole grain
  • Beras hitam. Memiliki antioksidan anthocyanins yang paling tinggi di antara ketiganya.

Ibu dapat memilih di antara ketiga jenis beras tersebut. Meskipun demikian tetap jaga porsinya, jangan dikonsumsi terlalu banyak. Kesamaan dari ketiga jenis beras tersebut adalah semuanya mengandung serat.

Baca juga: Hati-hati, Ini Tanda Pra Diabetes yang Perlu Diwaspadai

 

Kecukupan serat harian sangat penting diperhatikan, karena serat ini selain bisa menurunkan gula darah, bisa juga untuk menurunkan kolesterol. Semoga jawabannya membantu. Jangan lupa tetap dikontrol diabetesnya ya, Bu.

Narasumber: dr. Raissa Edwina Djuanda, Sp.GK, M.Gizi
Dokter Spesialis Gizi Klinik di RS Pondok Indah – Puri Indah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.