Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2022, 15:08 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kolostrum merupakan air susu pertama yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia pada tahap akhir kehamilan atau beberapa hari setelah proses melahirkan.

Kolostrum berwarna kekuningan dengan tekstur kental dan pekat, serta mengandung nutrisi yang lebih tinggi. Komposisi kolostrum juga baik untuk kesehatan pencernaan bayi yang baru dilahirkan.

Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan kolostrum bermanfaat untuk melindungi kulit bayi yang sensitif.

“Kolostrum memiliki potential manfaat yang masih bisa digali, oleh karena itu terdapat berbagai riset yang menunjukkan berbagai benefit kolostrum secara oral, dan beberapa riset menunjukkan potensi benefit untuk kulit secara topikal,” kata dr. Arini Widodo Sp.KK dalam acara peluncuran Pure Baby yang digelar secara virtual (17/3/2022).

Baca juga: Merawat Kesehatan Kulit Bayi, Begini Caranya

Kolostrum merupakan kandungan yang tergolong aman, dan dalam penelitian in vitro berpotensi dalam memperbaiki barrier kulit, mengurangi penguapan air di kulit sehingga dapat berperan dalam menjaga kelembaban kulit.

Kolostrum mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, lactoferrin, antibodi, faktor pertumbuhan, kaya akan vitamin dan mineral. “Banyak riset mengenai kolostrum pada kulit masih on-going untuk digali kembali potensi-potensi lainnya yang dapat bermanfaat untuk kulit,” tambah Arini.

Manfaat kolostrum itu juga bisa ditemukan dalam produk perawatan kulit terbaru dari Pure Baby.

Head Brand Portfolio Strategy & Innovation Pure Baby, Rizma Ariefiani menjelaskan, ekstrak kolostrum yang terdapat dalam setiap produk Pure Baby berasal dari sapi yang memiliki banyak manfaat, karena tinggi protein dan antibodi.

Baca juga: Bunda, Kenali Manfaat Kolostrum bagi Si Kecil

“Kami memahami betapa berharganya kandungan air susu pertama (kolostrum) tersebut, oleh karena itu Pure Baby diformulasikan secara khusus untuk mampu membawa manfaat dari ekstrak kolostrum agar bisa merawat dan menjaga kehalusan kulit bayi serta teruji secara dermatologi,” lanjut Rizma.

Rangkaian produk Pure Baby terdiri dari Happy Time Head to Toe Wash, Hair-gro Shampoo, Creamy Bubbles Milk Bath, Bye-bye Tangles Hair Lotion, Skin Rescue Rash Cream, Hello Softie Skin Cream, dan Multipurpose Wipes.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com