Kompas.com - 22/03/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Menerapkan pola makan sehat tentu tak bisa disangkal berperan dalam meningkatkan kondisi kesehatan, hingga pada akhirnya membuat umur lebih panjang.

Hal serupa menjadi kunci panjang umur dari orang-orang yang tinggal di wilayah Zona Biru (Blue Zone) seperti Sardinia di Italy, Okinawa di Japan, Loma Linda di California, Ikaria di Yunani, dan Nicoya di Costa Rica.

Baca juga: Bisa Ditiru, Kebiasaan Manusia di Zona Biru yang Memperpanjang Usia

Orang-orang di wilayah tersebut sebagian besar mengonsumsi makanan berbasis tanaman, biji-bijian, dan kacang-kacangan secara teratur.

Dan yang terpenting adalah mereka juga membatasi atau menghindari makanan tertentu dalam diet sehari-hari untuk mencegah gangguan pada kesehatan.

Nah, bagi kita yang ingin lebih sehat dan hidup lebih lama, ada makanan dan minuman yang perlu dibatasi atau bahkan dihindari seperti yang dilakukan oleh orang-orang di Zona Biru.

1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji merupakan penyumbang besar berbagai penyakit kronis.

Faktanya, mengonsumsi makanan cepat saji secara teratur terbukti meningkatkan tekanan darah.

Makanan cepat saji juga meningkatkan kolesterol, menyebabkan obesitas, berdampak negatif pada suasana hati, dan berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Ingin Umur Panjang? Bersikaplah Optimistis

Seperti orang-orang di wilayah Zona Biru, mereka sebagian besar mengonsumsi makanan berbasis tumbuhan dan menyimpan daging untuk acara-acara khusus.

Meski begitu, mereka jarang mengonsumsi banyak daging merah.

Satu komunitas, khususnya, masyarakat Loma Linda adalah penganut Advent dan tidak makan daging sama sekali.

Menurut sebuah studi Adventist Health yang dikutip oleh para peneliti Blue Zone, vegan dan pesco-vegetarian termasuk di antara orang-orang di dunia yang hidup paling lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.