Kompas.com - 23/03/2022, 08:46 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memasak dengan air fryer dapat menjadi solusi untuk membuat masakan yang lebih sehat tanpa penggunaan atau dengan sedikit minyak goreng.

Alat masak ini juga dapat mengolah makanan dengan lebih cepat, sehingga kita tidak perlu menunggu lama hingga hidangan siap tersaji di meja makan.

Air fryer pada umumnya hadir dalam kapasitas tertentu, tergantung ukuran, model, fitur dan fungsinya.

Tapi masalahnya, air fryer adalah alat masak yang menggunakan lebih banyak energi dibandingkan oven listrik.

Baca juga: Risiko Memasak dengan Air Fryer, Sudah Tahu?

Melansir Tech Radar, jumlah energi yang digunakan setiap air fryer tergantung pada model dan merek air fryer. Namun rata-rata alat ini memiliki daya listrik 1.500 watt.

Cara kerja air fryer dapat dipertimbangkan lagi dengan menghitung penggunaan listriknya.

Contohnya sebuah air fryer yang memiliki daya 1.500 watt. Jika kita mengalikan listrik selama 30 menit penggunaan dan membaginya dengan 1.000, kita memakai total 0,75 kWh.

Sedangkan sebuah oven listrik yang memiliki daya 3000 watt akan menggunakan 1.500 kWh selama periode 30 menit yang sama. Perhitungan ini bisa sama karena oven listrik tidak menggunakan daya penuh ketika bekerja.

Biaya yang dikeluarkan tergantung pada tarif listrik per kWh di tempat kita tinggal, tetapi seperti kebanyakan peralatan kecil seperti air fryer cenderung tidak menggunakan energi dalam jumlah besar, asal digunakan sesuai kebutuhan.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Oven Listrik

Air fryer Vs oven listrik

Untuk mengolah makanan dengan cepat, penggorengan udara ini menjaga sirkulasi panas secara terus menerus sampai makanan matang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Tech Radar


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.