Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2022, 09:56 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber SELF

KOMPAS.com - Pola makan yang kurang baik bisa berdampak pada lambung dan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti asam lambung dan mag.

Meski keduanya sama-sama menyerang lambung, baik itu asam lambung maupun mag sebenarnya merupakan kondisi kesehatan yang berbeda.

Mengenal penyakit asam lambung

Untuk memahami mengapa asam lambung bisa bergerak ke arah yang salah, mari kita mulai dengan penyegaran anatomi dengan cepat.

Jadi, tabung yang menghubungkan mulut ke perut adalah kerongkongan di mana pada ujung kerongkongan yakni sfingter esofagus bagian bawah (LES) merupakan kumpulan otot yang bertindak sebagai katup di atas perut.

Baca juga: Asam Lambung Sering Kambuh? Banyak Pikiran Bisa Jadi Penyebabnya

Katup ini memungkinkan makanan masuk ke perut, dan ketika beroperasi dengan benar dapat mencegah asam lambung yang kuat — yang memecah apa yang baru saja dimakan — agar tidak naik kembali ke kerongkongan.

Tetapi, ketika ada kelemahan atau relaksasi pada LES, maka katup tidak menutup sekencang yang seharusnya.

Saat itulah kita berisiko lebih tinggi terkena penyakit asam lambung dan makanan yang dicerna sebagian masuk ke kerongkongan lagi.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), aliran ke atas ini disebut gastroesophageal reflux atau Gerd.

"Banyak orang yang tidak akrab dengan asam lambung mungkin menganggap masalah itu terjadi di dekat perut, tetapi asam bisa naik ke kerongkongan, terutama jika kita berbaring."

Demikian penuturan ahli gastroenterologi yang berfokus pada esofagus, neurogastroenterology, dan gangguan motilitas di Ohio State University, Dr Gokulakrishnan Balasubramanian.

Baca juga: Cegah Gejala Asam Lambung dengan Perubahan Gaya Hidup, Begini Caranya

Dia juga mengatakan, penyakit asam lambung yang parah bisa membuat paru-paru terganggu, sehingga kita bisa mengalami batuk atau gejala pernapasan lainnya.

Perbedaan asam lambung dan mag

Halaman:
Sumber SELF
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com