Kompas.com - Diperbarui 30/09/2022, 11:10 WIB

KOMPAS.com - Penyakit mag adalah gejala paling umum dari asam lambung yang biasanya ditandai dengan nyeri ulu hati dan disertai sensasi terbakar di bagian dada. 

Meski demikian, sakit mag sebenarnya tidak ada hubungannya dengan jantung.  Namun, orang yang mengalami serangan jantung mungkin bisa terkecoh dengan kondisi maag.

Pasalnya, mag dan serangan jantung memiliki gejala yang sama, yakni nyeri di sekitar dada.

Mayo Clinic pun mencatat bahwa ada kalanya sakit mag bukan hanya gejala dari asam lambung.

Baca juga: 6 Vitamin dan Suplemen yang Bantu Atasi Gerd

Itulah sebabnya mengapa dokter melakukan tes seperti rontgen, endoskopi, dan tes motilitas esofagus jika ada orang yang mengalami tanda-tanda serupa.

Di sisi lain, hal-hal seperti situasi kesehatan kita saat ini dan waktu, serta frekuensi datangnya gangguan dapat banyak membantu dalam proses diagnosis.

Tapi, apa artinya jika nyeri dada lebih sering terjadi di malam hari? Apakah itu masih berhubungan dengan sakit mag atau benar-benar serangan jantung?

Sakit mag di malam hari

Menurut Medical News Today, nyeri dada di malam hari biasanya menjadi tanda-tanda kondisi mag sebagai gejala dari asam lambung.

Baca juga: 5 Tanda Jelang Serangan Jantung, Termasuk pada Wanita

Jika kita sudah mengalami mag, itu bisa meningkat di malam hari karena pada saat itulah kebanyakan orang mencoba untuk tidur dan berbaring datar.

Artinya, asam lambung kita tidak mengalir melalui sistem pencernaan sebagaimana mestinya. Sebaliknya, asam lambung tetap diam yang dapat memperburuk mag.

Halaman:
Sumber The List


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.