Kompas.com - 25/03/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Menjaga kebersihan tubuh adalah kewajiban setiap orang. Salah satunya bisa dimulai dengan memperhatikan kebersihan bra.

Bra yang digunakan sehari-hari bisa menjadi sarang berkumpulnya kuman dan bakteri, apalagi jika terlalu banyak keringat yang terserap.

Mungkin menggunakan bra habis pakai untuk beberapa waktu dalam satu hari saja bukanlah masalah.

Namun, kalau punya kebisaan jarang mencuci bra dan suka memakai secara berulang selama berhari-hari, tentu hal ini patut dihindari.

Akibat bra jarang dicuci

Banyak wanita berpikir bahwa bra tidak perlu diganti apabila mereka tidak beraktivitas di bawah panas matahari atau sedang rebahan di kamar ketika hari libur.

Baca juga: Ketahui Cara Mencuci Bra dengan Benar agar Tahan Lama

Padahal, menjaga kebersihan bra adalah cara untuk tetap sehat, di samping mengilangkan kotoran yang menempel dari kulit, minyak, dan keringat.

“Semua sel kulit mati, minyak, dan keringat yang terperangkap di bawah bra menjadi tempat bagi bakteri dan ragi,” kata dokter spesialis kulit dari Cleveland Clinic, dr. Alok Vij.

“Tidak cukup sering mencuci dapat menyebabkan noda dan bau yang terus-menerus pada bra, serta iritasi kulit, ruam, atau infeksi kulit dari ragi atau bakteri," sambung dia.

Intensitas mencuci bra

Setelah mengetahui dampak dari tidak rutin mencuci bra, para wanita juga harus mengetahui seberapa sering pakaian dalam ini harus dicuci.

Sebenarnya tidak ada patokan pasti menyangkut intensitas mencuci bra untuk setiap wanita.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.