Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2022, 15:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Karbohidrat adalah bagian penting dari diet sehat meskipun memiliki reputasi yang buruk selama bertahun-tahun.

Bahkan, Pedoman Diet USDA tahun 2020-2025 merekomendasikan agar kita mengonsumsi sekitar setengah dari total kalori harian dalam bentuk karbohidrat.

Faktanya, semakin banyak kita memilih makanan padat nutrisi, maka semakin mudah pula kita merasa kenyang sehingga menginginkan lebih sedikit karbohidrat.

Meski begitu, walau semua karbohidrat nantinya dipecah menjadi glukosa, karbohidrat terbaik untuk kesehatan adalah karbohidrat kompleks.

Contoh dari karbohidrat kompleks misalnya, sayuran, buah, kacang-kacangan, produk susu tanpa pemanis, dan biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan gandum.

Selain karbohidrat, makanan tersebut juga mengandung banyak serat yang dapat membuat kita kenyang lebih lama dan membantu pencernaan.

Baca juga: 14 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi, Sehat dan Mengenyangkan

Nah, jika kita memerlukan bantuan untuk menentukan karbohidrat sehat mana yang harus dimasukkan ke dalam rutinitas makan, simak daftarnya sebagai berikut.

1. Oat

Memperbanyak makan serat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan karena membuat kita merasa lebih kenyang, meningkatkan waktu transit makanan dan penyerapan nutrisi, dan mencegah konstipasi.FREEPIK Memperbanyak makan serat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan karena membuat kita merasa lebih kenyang, meningkatkan waktu transit makanan dan penyerapan nutrisi, dan mencegah konstipasi.
Serat prebiotik yang ditemukan dalam gandum seperti oat dapat membantu memicu probiotik tubuh kita atau bakteri ramah yang hidup di saluran pencernaan.

Terlebih lagi, penelitian menghubungkan beta-glukan, sejenis serat larut yang ditemukan dalam gandum, untuk menurunkan kolesterol.

Baca juga: 5 Efek Menyehatkan Jika Rajin Makan Oatmeal

2. Kentang

Ilustrasi kentang segar, kentang rebusSHUTTERSTOCK/ NOVA INDAH Ilustrasi kentang segar, kentang rebus
Kentang adalah pembangkit tenaga yang mengandung hingga 4 gram protein nabati, hampir 5 gram serat dan 25 persen potasium yang kita butuhkan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.